Minggu, 30 September 2012

TOPIK -INFOKU 38


Menanti Kejutan Pada Mutasi Pegawai
INFOKU, BLORA- Mutasi dikalangan Pejabat adalah suatu hal yang wajar. Seperti yang terjadi di kabupaten Blora, Gerbong mutasi Bupati Djoko Nugroho yang didampingi wakil Bupati Blora H Abu Nafi akan bererak lagi.
Namun mutasi yang akan nampaknya ada kejutan lagi yang masyarakat dan kalangan PNS.
Kejutan berbagai macam, missal saat pelantikan disamping Bupati Djoko Nugroho yang punya wewenang,  juga dimungkinkan hadirnya ketua DPRD Blora HM Kusnanto dan Wabup Abu Nafi.
Karena selama lebih dari sepuluh kali pelantikan, hanya sekali saja dimana Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD Blora hadir dan duduk satu meja yakni pada 2 Maret tahun 2011 lalu.
“Bila mereka dapat hadir dalam 1 meja lagi tentunya ini suatu kejutan bagi masyarakat dan kalangan PNSkhususnya,” ungkap beberapa PNS yang tdak disebut namanya.
Dari sinilah dapat diartikan bahwa kalangan PNS dan Masyarakat pada umumnya berharap ketiga komponen tersebut saling bekerjasama yang akrab untuk segera mewujudkan masyarakat Blora sejahtera.
Kejutan yang kedua yakni dimungkinkan banyak promosi dikalangan PNS, mulai staf hingga pejabat eselon II-B.
Data infoku menyebut lebih dari 30 orang jabatan eselon V-A sampai dengan II-B yang belum diisi atau masih dikosongkan. Belum lagi ada ratusan kepala sekolah yang belum juga terisi.
“Sehingga sangatlah tepat pada awal tahun ketiga Pemerintahanya, Bupati segera mengisi kekosongan tersebut,” kata Kenthut LSM ARAK.
Sementara dikalangan anggota DPRD Blora ketika dikonfirmasi Infoku terkait jabatan kosong, meraka rata-rata enggan berkomentar.
Alasan mereka adalah muatsi dan pengangkatan pegawai adalah wewenang Bupati.
Mereka hanya sekedar menyarankan sebaiknya Bupati segera mengisi jabatan yang masih kosong.
Disisi lain yakni kalangan PNS mereka secara tertutup dan diam-diam berharap agar mutasi atau promosi segera dilakukan Bupati Blora.
Puluhan PNS yang ditemui INFOKU secara tidak langsung mereka berharap agar nantinya dapat promosi, walau pekataan mereka tidak secara langsung.
Mereka hanya berharap dan menanti kapan pelaksanaan mutasi atau promosi bagi karir dirinya.
Ditempat terpisah Bupati Blora beberapa waktu lalu ketika dikonfirmasi mengatakan tak lama lagi dia akan melakukan mutasi.
“INSYA’ALLAH dalam waktu dekat,”katanya singkat. (Agung)


Topik saping

Sugeng Hariyanto (Anggota DPRD Blora)
Bupati Masih Capek Melantik Pejabat
INFOKU, BLORA- Sama seperti sebelumnya apa yang dikatakan Sugeng Hariyanto anggota DPRD Blora dari komisi C beberapa waktu lalu.
Walau mungkin boleh dibilang nyeneh atau sindiran keluar dari mulutnya.
“Bupati biarlah istirahat dulu, mungkin capeknya belum hilang, karena sejak menjabat dia sudah banyak melantik pejabat,” katanya.
Memang sejak Bupati Djoko Nugroho, dari data yang didapat INFOKU sudah lebih dari 10 kalidirinya melantik para pejabat Blora. Terbilang lebih dari 250 PNS yang telah dimutasi atau Promosi.
“Berilah dia waktu untuk menyelesaikan tugas lainnya,” tambah Sugeng  (Agung)
Foto Sugeng Hariyanto

Iffah Hermawatri (Anggota DPRD Blora)
Jabatan Kosong Penyebab Penyerapan Anggaran Rendah
INFOKU, BLORA,- Sampai akhir agustus lalu, memang Bupati sudah mengisi banyak jabatan kosong di SKPD, mulai eselon IV hingga eselon II namun tetap belum Optimal, dan hanya baru sebagian kecil saja yang diisi.
Hal ini dikarenakan jabatan yang kosong saat ini sudah mencapai lebih dari 30 formasi disemua SKPDdan Rutasan Kepala Sekolah yang masih belum diisi.
Dengan alasan itulah anggota DPRD dari fraksi Demokrat Iffah Hermawatri mengganggap kekosongan jabatan penyebab rendahnya penyerapan anggaran 2012 ini.
“Kekosongan jabatan sebaiknya segera diisi semua , sehingga kinerja eksekutif dapat maksimal,” katanya.
Menurut Iffah penyerapan anggaran pada akhir triwulan kedua yang sangat rendah dapat menyebabkan pekerjaan fisik tahun 2012 akan tertunda.
Hal inilah yang nantinya akan berpengaruh pada pelaksanaan visi dan misi Bupati Blora sulit tercapai.
“Optimal dan tidaknya kinerja eksekutif, salah satunya barometernya dapat dilihat  dari Penyerapan anggarantahun berjalan,” tandas Iffah anggota Dewan yang berasal dari Cepu ini. (Agung)


Kenthut Prasetya (Aliansi Rakyat Anti Korupsi) ARAK
Pejabat Baru Jauh dari Kepentingan Politik

INFOKU, BLORA- Lebih baik memilih pejabat yang professional, loyal tugas berpihat pada rakyat dan mau bekerja keras, jauhkan dari kepentingan politik sesaat.
Hal itu diungkapkan Kenthut Prasetya ketua LSM ARAK saat dimintai tanggapan dan harapanya pada mutasi yang akan dilakukan bupati pada hari mendatang.
“Yang terpenting pilihlah pejabat yang berpihak pada kepentingan rakyat, sehingga apa yang diprogramkan bupati untuk rakyat segera dapat terealisasi,” ungkap Kenthut.(Agung
 klik gambar>>baca model TABLOID