Rabu, 19 September 2012

Pati & Rembang - INFOU 38


Bupati Bakal Bantu Renovasi Rp400 Juta
INFOKU, PATI - Bupati Pati H Haryanto bakal mengucurkan dana sebesar Rp400 juta untuk merenovasi Gedung SMPN 2 Gabus yang terbakar.
Selain itu mengusahakan bantuan dana dari pemerintah pusat atau Pemerintah Provinsi Jateng.
"Pemkab Pati juga terus mengupayakan bantuan dari pemerintah propinsi Jateng maupun pemerintah pusat.
Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa cair," kata Bupati usai meninjau langsung Gedung SMPN 2 Gabus yang terbakar pekan lalu, Senin (10/9). Turut mendampingi Kepala Disdik Pati, Sarpan dan Kepala DPU  Haryono.
Bupati memfokuskan renovasi di ruangan kepala sekolah, tata usaha dan laboratorium komputer. Namun, meminta sekolah untuk mengamankan raport dan ijasah para siswa yang tidak ikut terbakar.(Imam)


Jelang Musim Panen, Nelayan Siap Melaut
INFOKU, REMBANG- Jelang musim panen kesibukan nelayan meningkat. Mereka mulai berbenah-benah, dari memperbaiki jaring Puorsin, membuat anggas (Tendhak red) dan membersihkan kapal.  Kaum nelayan Rembang biasa menyebutnya ngaes.
Ngaes dilakukan untuk membersihkan dan memperbaiki kapal terutama bagian bawah dari serangan tiram. Ngaes itu sudah menjadi tradisi turun temurun dilingkungan nelayan, anehnya untuk melakukan kegiatan ini, masih percaya penentuan pasaran hari yang baik.
Disamping ngaes aktivitas lainnya adalah membuat anggas atau tendhak. Anggas atau tendhak itu dibuat nelayan untuk mempermudah dalam menangkap ikan karena anggas atau tendhak ini menjadi tempat berteduh dan persembunyian ikan.
Masing-masing kapal sibuk-sibuk mempersiapkan anggas atau tenhak bahan yang mereka gunakan berupa bambu, janur kelapa (Blarak), batu, dan tali tambang. Anggas dipasang nelayan ditengah laut pada kedalaman 30 meter-60 meter pada jarak 60 mil -150 mil dari daratan.
 Biaya untuk membuat anggas saat ini berkisar Rp. 500.000 bahkan sampai Rp.750.000 tergantung ukurannya.
Setiap kapal memiliki anggas 15 – 35 agar tidak campur dengan milik nelayan lain majikan kapal memberikan merk anggas sesuai dengan nama kapal. Semakin banyak anggas dibuat maka kemungkinan hasil tangkapan ikan nelayan semakin banyak.
Awal musim panen ikan sekitar bulan April mendatang hasil tangkapan nelayan cukup menjanjikan, seperti  jenis ikan  Layang, Banyar, Tongkol, Tengiri, Benthong, dan cumi-cumi.
Seperti yang kini dialami nelayan desa Kebloran Kecamatan Kragan, dua pekan terakhir hasil tangkapan ikan Layang, Banyar, Tongkol, Tengiri, Benthong, dan cumi-cumi.
Sehari dari 98 kapal milik nelayan setempat 1buah kapal hasil tangkapan ikan Layang, Banyar, Tongkol, Tengiri, Benthong, dan cumi-cumi mencapai 300 basket ukuran 40 kilogram.
Sutiman nelayan setempat mengatakan dalam dua minggu ini tangkapan ikan cumi-cumi cukup meningkat perkapal bisa memperoleh tangkapan cumi 2 kwintal -3 kwintal dengan harga jual cumi super Rp.17.000,- Rp. 25.000,- perkilogramnya. (Sutrisno)
 klik gambar >> baca model TABLOID