Senin, 17 September 2012

SEMARANG & GROBOGAN -INFOKU 38


Rukma Setyabudi Jadi Plt Ketua DPRD Jateng
INFOKU, SEMARANG- DPD Partai Demoktrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jateng, menetapkan Rukma Setyabudi sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Jateng menggantikan Murdoko.
Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Nuniek Sriyuningsih, mengatakan telah menyampaikan nama pengganti Murdoko yakni Rukma Setyabudi kepada pimpinan DPRD Jateng.
“Tadi pagi kami sudah mengirimkan surat resmi kepada pimpinan DPRD, mengusulkan Rukma Setyabudi sebagai Plt Ketua DPRD Jateng,” katanya di Semarang, Rabu (5/9/2012).
Alasan memilih Rukma yang juga Ketua Komisi D DPRD Jateng, menurut ia, karena memiliki pengalaman sebagai anggota Dewan.
Rukma tercatat dua kali menduduki kursi DPRD Jateng yakni 2004-2009 dan 2009-2014.
Di samping itu pemahaman terhadap anggaran lebih baik dibandingkan anggota FPDIP lainnya.
 “Nantinya Rukma masih merangkap jabatan sebagai Ketua Komisi D dan Plt Ketua DPRD Jateng,” ujarnya.
Penetapan dan pelantikan Plt Ketua DPRD Jateng, lanjut Nuniek akan dilaksanakan pada sidang paripurna Dewan yang dijadwalkan pada pertengahan September 2012. “Mestinya tanpa perlu menunggu pelantikan, sesuai ketentuan sebenarnya Rukma sudah bisa mulai bertugas sebagai Plt Ketua Dewan, sejak DPD PDIP mengirimkan surat ke pimpinan DPRD,” ungkapnya.
Penetapan Rukma ini, sambung dia, sifatnya sementara karena rekomendasi nama Plt Ketua DPRD Jateng dari DPP PDIP sampai sekarang belum turun. Sambil menunggu turunnya rekomendasi dari DPP yang belum ada kepastian, DPD PDIP mengambil langkah menetapkan Plt Ketua Dewan Jateng untuk kebutuhan pembahasan RAPBD 2013.
Sebab, menurut Nuniek, kalau jabatan Ketua DPRD Jateng milik PDIP yang ditinggalkan Murdoko [saat ini sedang menjalani persidangan dalam kasus korupsi APBD Kendal], tak segera diisi merugikan kepentingan partai dalam penyusunan RAPBD.
“Kalau DPP nantinya merekomendasikan nama lain, maka Rukma akan diganti. Penggantian Plt mudah tak perlu persetujuan Mendagri,” katanya.
Seperti diketahui untuk menggantikan Murdoko, DPD PDIP, pada 29 Agutus 2012, telah mengajukan 20 nama anggota Fraksi DPRD Jateng ke DPP.
Namun sampai sekarang rekomendasi dari DPP belum turun. Sekretaris DPD PDIP Perjuangan Jateng, Agustina Wilujeng, berharap DPP segera menetapkan rekomendasi nama Plt Ketua DPRD Jateng.
“Kalau terlalu lama akan merugikan PDIP yang tidak bisa berperan maksimal di DPRD Jateng, karena jabatan Ketua Dewan sangat strategis,” ujar dia.
Terpisah Rukma Setyabudi, ketika dimintai konfirmasi menyatakan kesiapannya menjalankan tugas sebagai Plt Ketua DPRD Jateng yang dinilai sangat berat
“Sudah siap menjalankan amanah [Plt Ketua DPRD Jateng] untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat,” kata dia.(Tanti)
 klik gambar >>>baca model TABLOID