Sabtu, 01 September 2012

INFOKU Semarang dan PURWODADI - edisi 37


DPRD Kirimkan Surat Pemberhentian Sementara Murdoko ke Mendagri
INFOKU, SEMARANG – Pimpinan DPRD Jateng sudah mengirimkan surat permohonan pemberhentian sementara Ketua Dewan, Murdoko kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di Jakarta.
Wakil Ketua DPRD Jateng, Bambang Priyoko, mengatakan surat permohonan pemberhentian sementara Murdoko ke Mendagri itu dikirimkan melalui Gubernur Jateng. “Surat itu [permohonan pemberhentian sementara Murdoko] sudah kami kirimkan melalui Gubernur Jateng beberapa waktu lalu,” katanya.
Pemberhentian sementara Murdoko sebagai Ketua DPRD Jateng ini dilakukan karena statusnya menjadi terdakwa. Hal ini diperkuat setelah pimpinan Dewan pada tanggal 9 Agustus 2012 menerima salinan register perkara persidangan
Murdoko dari jaksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Seperti diketahui saat ini Murdoko yang didakwa melakukan korupsi APBD Kendal saat ini sedang menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.
Lebih lanjut, Bambang menyatakan, di samping mengirimkan surat permohonan pemberhentian sementara Ketua DPRD Jateng, pimpinan Dewan juga mengirimkan surat kepada partai pengusung Murdoko yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jateng .
Surat tersebut meminta kepada DPD PDIP Jateng segera mengirimkan nama calon pengganti Murdoko sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Jateng.
“Kami memberikan batas waktu tujuh hari kepada PDIP Jateng untuk memberikan balasan. Posisi Ketua DPRD Jateng menjadi hak PDIP siapa nama yang ditunjuk menjadi kewenangan partai bersangkutan,” ujarnya.
Sementara, Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Nuniek Sri Yuningsih, menyatakan pihaknya belum menerima surat dari pimpinan Dewan tentang usulan nama Plt Ketua DPRD Jateng menggantikan Murdoko. “Kami belum menerima surat tersebut, sehingga belum bisa berkomentar,” ungkap dia.
Saat disinggung tentang nama calon pengganti Murdoko, dia menyatakan belum mengetahui, karena penetapan Plh Ketua Dewan menjadi kewenangan dari DPP PDIP.
Hanya saja Nuniek yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Jateng menyatakan semua anggota Fraksi PDIP berjumlah 23 orang telah mengikuti fit and proper test atau uji kepatutat dan kelayakan di DPP PDIP.
“Semua anggota Fraksi PDIP Jateng memiliki peluang sama menjadi Plt Ketua DPRD Jateng,” tandas dia.
Menurut sumber di internal DPD PDIP Jateng, ada tiga nama calon memiliki peluang besar untuk menggantikan Murdoko sebagai Plh Ketua DPRD Jateng.
Mereka adalah bendahara DPD PDIP Jateng yang juga anggota DPRD Jateng Rukma Setaybudi, Nuniek Sri Yunningsih dan anggota Fraksi DPRD Jateng, Alwin Basri. “Calon kuat pengganti Murdoko mengkerucut pada tiga nama yakni Rukma, Nuniek, dan Alwin Basri,” ungkap sumber itu.
Sedang Rukma Setya Budi ketika dikonfirmasi wartawan tentang peluang menggantikan Murdoko, tak bersedia berkomentar. “Itu kan kata wartawan,” kata dia singkat. (Tanti)

 
Pasukan Trail Ikut Pengamanan Lebaran
INFOKU, GROBOGAN- Polres Grobogan mengerahkan 291 personel pada saat mengamankan Lebaran.
Mereka akan ditempatkan di lokasi-lokasi rawan dan obyek vital, seperti tempat wisata Waduk Kedungombo (WKO), Bledug Kuwu, bank, masjid, pasar, terminal, stasiun, dan perkampungan penduduk.
”Dari personel sebanyak itu, 30 di antaranya menggunakan motor trail. Mereka juga telah dibekali keahlian mengendarai sepeda motor tersebut, yang rencananya akan kami sebar ke 19 kecamatan,” kata Kapolres AKBP Y Ragil Heru S SIK  di sela-sela acara gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2012 dalam rangka pengamanan Lebaran di Alun-alun Purwodadi, Jumat lalu.
Didampingi Dandim 0717 Purwodadi letkol Inf Heri Prakosa, Bupati H Bambang Pudjiono, Ketua DPRD Sri Sumarni, Kajari Lydia Dewi , dan Ketua Pengadilan Negeri Sutarjo, Kapolres mengatakan, pengamanan Lebaran tahun ini  Polres juga akan dibantu oleh anggota TNI, Satpol PP, Dishubinfokom, RAPI, dan SAR Grobogan.
”Di luar anggota Polres, pengamanan Lebaran kali ini juga dibantu oleh personel dari instansi lainnya sekitar 362 orang. Sehingga diharapkan, kondisi Kamtibmas di Grobogan lebih kondusif,” tandasnya.
Ditambahkan Kapolres, dipilihnya sepeda motor jenis trail sebagai salah satu sarana prasarana pengamanan Lebaran, hal itu karena geografis Grobogan yang cukup luas dengan kondisi jalan yang kurang mendukung.
Sehingga diharapkan, masyarakat yang berada di tempat-tempat rawan khususnya perkampungan dalam kota, merasa lebih aman dan nyaman.
Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengecek kendaraan dinas Polres Grobogan lainnya, yang juga akan dikerahkan untuk pengamanan Lebaran.
Sementara itu, Bupati Grobogan H Bambang Pudjiono berharap kepada masyarakat, dalam merayakan Lebaran jangan sampai lengah dengan mengabaikan faktor keamanan lingkungan, termasuk antisipasi meminimalisir potensi musibah kebakaran.(Budi) 
Caption Foto : Pasukan trail yang dikendarai oleh para polisi saat disiapkan untuk pengamanan lebaran 2012 
klik gambar>>>baca model TABLOID