Rabu, 19 September 2012

DPRD BLORA - infoku 38


Belanja Pembangunan baru 4,8 Persen
INFOKU, BLORA- Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (silpa) APBD Kabupaten Blora tahun 2012 dimungkinkan sangat tinggi.
Menurut Joko Mugianto anggota komisi A DPRDBlora didasarkan pada serapan APBD, terutama yang masuk dalam item belanja langsung.
Sampai per akhir Agustus 2012 dari Rp 383,3 miliar  belanja pembangunan baru Rp 18,28 miliar rupiah yang terbelanjakan, atau 4,8 % saja.
Dia menjelaskan jika tidak segera dikerjakan secara kilat, maka, Silpa tahun 2012 bisa lebih besar dibanding tahun lalu yang mencapai Rp 160 miliar.
''Sebab, jika dihitung dari sekarang, praktis hanya tersisa waktu 3,5 bulan untuk membelanjakan dana pembangunan untuk masyarakat ini. Karena itu perlu extra cepat yang dilakukan Pemkab,'' ujarnya, Sabtu (1/9).
Saat ditanya adalah mampukah Pemkab Blora menyelesaikan pembangunan yang hanya menyisakan waktu singkat tersebut?.
Dia menggraisbawahi kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan bagi semua stakeholder kabupaten. Sebab, problem lambannya laju pembangunan yang salah satu indikatornya rendahnya serapan anggaran.
Dojko juga menilai insiatif kreatif Pemkab dengan pembentukan tim percepatan pembangunan daerah juga masih belum menuai hasil.
Untuk itulh dia berharap agar sisa waktu yang ada betul-betul dimanfaatkan secara maksimal, agar Blora sejahtera bukan hanya kalimat saja. (Endah)
Foto Joko Mugiyanto
klik gambar>>>baca model TABLOID