Jumat, 17 Agustus 2012

POLITIK & HUKUM - INFOKU 35


Buron Duel Maut Menyerah
INFOKU, REMBANG – Setelah 5 hari menjadi buron dalam kasus duel maut di Desa Babagan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Minggu malam lalu, Joko Riyanto (24), salah seorang pelaku akhirnya menyerahkan diri.
Dia menyusul kakak kandungnya Sugiyono alias Gono (31) yang lebih dulu ditangkap Polisi, Senin lalu.
Dua bersaudara itu mengaku terlibat perkelahian yang menewaskan Suratno (34), seorang preman kampung warga RT 8 RW 3 Desa Dorokandang, Kecamatan Lasem.
Perkelahian berdarah itu Nur Pramono (31), rekan Suratno, juga mengalami luka berat terkena sabetan benda tajam sehingga harus dirawat di RSU dr R Soetrasno Rembang. Joko kemarin dijemput anggota Resmob Polres Rembang setelah keluarga pelaku menjamin Joko akan menyerahkan diri.
‘’Tersangka Joko meminta bantuan tokoh masyarakat setempat untuk menyampaikan kepada kami, jika ia ingin menyerahkan diri. Inisiatif pelaku ini tentu kami sambut baik dan langsung kami jemput di rumahnya,î jelas Kapolres Rembang, AKBP Adhy Fandy Ariyanto, Jumat (20/7).
Setelah tersangka Joko menyerahkan diri, saat ini tinggal seorang pelaku berinisial S yang belum tertangkap. Meski begitu polisi mulai fokus mendalami motif perkelahian yang berujung hilangnya nyawa korban.
‘’Pengungkapan motif ini diperlukan untuk mencari akar permasalahan yang memicu perkelahian tersebut. Ini penting untuk memberi pemahaman warga, sehingga tidak ada aksi balas dendam setelah pengungkapan kasus ini,’’ jelasnya.
Hanya saja di hadapan penyidik, kakak beradik itu kompak melindungi satu sama lain. Di hadapan penyidik, Gono mengaku jika Suratno tewas di tangannya. Tak mau kalah, Joko sepertinya juga ingin menyelamatkan kakaknya dengan mengakui telah membunuh korban.(Rudi)
Foto : AKBP Adhy Fandy Ariyanto
klik gambar>>>baca model TABLOID