Kamis, 16 Agustus 2012

BLORA KOTA - INFOKU 35


UMKM Expo Ditutup-Target Rp 1 Milyar/ th Terlampaui
INFOKU, BLORA- Setelah berlangsung sejak Kamis (12/7), malam ini pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Gor Mustika Blora ditutup. UMKM expo yang diikuti sebanyak 50 partisi/stand dari berbagai hasil produksi di Blora.
Menurut Ketua Penyelenggara yang juga Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disperindagkop UMKM) Blora Gunadi, Expo yang diselenggarakan selama 3 hari tersebut berhasil terjadi transaksi lebih dari Rp.200 juta.
Sehingga apa yang ditargetkan Pemkab Blora agar dapat menjual hasil Produksi Blora untuk pengusaha UMKM sebesar Rp. 1 Milyar terpenuhi.
“Untuk Para pengusaha UMKM di Blora sudah kami fasilitasi dengan 7 kali mengikuti expo yakni di Jakarta, semarang, Solo, Jogjakarta dan terakhir di Blora, total transaksi lebih dari Rp. 1 Milyar,” kata Gunadi.
Dengan terlampauinya target tersebut, Gunadi berharap agar para pengusaha Blora lebih giat lagi dalam melakukan terobosan pemasarannya, sehingga nantinya produksi apapun dari Blora dapat diperhitungkan daerah lain.
Disisi lain tentang Batik yang tahun ini merupakan awal kebangkitanya, Dia mengatakan telah merancang terobosan penjualan.
“Promosi Batik Blora merupakan sarana yang tepat untuk memasarkan produksi Batik Jati (nama batik khas Blora-red) kepada masyarakat,” ungkapnya.
Fashion Show
Seperti yang dilakukan saat penutupan UMKM Expo yang ditutup dengan lomba fashion show batik Blora.
Uniknya fashion kali ini yakni, mereka bukan model-model cantik yang mengikuti lomba. Melainkan para pegawai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemkab Blora.
 Setiap SKPD kecuali 4 SKPD yang tidak ikut, mengutus satu pasang pegawainya untuk tampil di atas catwalk mengenakan pakaian batik khas Blora.
''Lomba ini digelar untuk semakin menggairahkan penggunaan batik di kalangan masyarakat terutama para pegawai,'' ujar Gunadi, Sabtu (14/7).
Agar tampil baik, sejumlah peserta sejak beberapa pekan mengikuti latihan modeling. Maklum saja mereka selama ini tidak terbiasa berjalan di atas catwalk.
 Apalagi lomba disaksikan Bupati Djoko Nugroho bersama istri serta para pejabat musyawarah pimpinan daerah (muspida) serta tamu undangan dan pengunjung pameran.
Tidak kurang dari 40 pasangan mengikuti lomba fashion show batik Blora Mereka adalah pegawai dari setiap dinas dan instansi serta kecamatan di Blora.
Di setiap kali usai penampilan salah satu pasangan, tim juri langsung mengumumkan nilai yang diperoleh peserta. Karena itu para hadirin pun seketika itu juga bisa tahu siapa pasangan yang mendapatkan nilai tertinggi.
Sempat bertahan pada kisaran angka 600-700 di sembilan penampilan perdana, tim juri akhirnya memberikan angka 960 pada pasangan nomor urut 10, Dedy Widjanarko-Emirita Catur Septarini.
Lonjakan nilai terpaut cukup banyak yang diraih pasangan utusan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) itu membuat hadirin terkesima.
Aplaus panjang pun membahana saat tim juri mengumumkan nilai yang diperoleh Dedy-Emir.
Nilai tersebut sempat akan tersaingi oleh nilai yang diperoleh pasangan utusan Disperindagkop UMKM yang mengumpulkan nilai 940.
Dedy Widjanarko-Emirita Catur Septarini akhirnya ditetapkan sebagai juara pertama lomba fashion show batik khas Blora antar dinas dan instansi.
Sementara untuk juara kedua dan ketiga diraih pasangan peserta dari Disperindagkop UMKM dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).
'Ya tentu saja senang sekali bisa menjadi juara. Tapi jujur, saya tidak menyangka bisa meraih juara,'' tandas Emirita.
Sementara bagi yang belum dapat juara mengatakan fashion yang dikutinya sebagai pengalaman saja.
''Kami ingin berpartisipasi saja. Menang atau tidak itu urusan belakangan,'' tandas Rini, salah seorang peserta.
Di hari sebelumnya, lomba fashion show batik khas Blora juga digelar panitia di arena UMKM expo. Lomba itu diikuti siswa TK-SD, SMP-SMA dan umum. Selain itu ditampilkan pentas seni. Berbagai kegiatan tersebut mampu menyedot ribuan warga Blora untuk datang ke Gor Mustika.(Endah/Agung/AM)
 klik gambar >> baca model TABLOID