Jumat, 31 Agustus 2012

BLORA - INFOKU 36


18 PSK dan Warga Binaan Positif HIV
INFOKU, BLORA- Hasil sampel darah dari sero surve yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan di tiga lokalisasi di Blora dan Rumah Tahanan (Rutan) Blora, yang dikeluarkan dari Balai Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Jawa Tengah, sungguh diluar dugaan.
Pasalnya ada 18 sampel darah yang dinyatakan positif HIV.  Sebelumnya Dinkes Blora mengambil sekitar 206 sampel darah di empat tempat tersebut. Selain 18 sampel darah yang positif HIV, lainnya dinyatakan positif sifilis atau penyakit kelamin lainnya.
"Setelah kami terima hasilnya dari laboratorium, hasilnya memang demikian," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora Henny Indriyanti melalui Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (P2PLP), Lilik Hernanto, Minggu (5/8)
Menurut Lilik, dari jumlah tersebut yang paling banyak tercatat positif HIV ada di warga lokalisasi di ketiga tempat sebanyak 17 orang dari 106 yang saat itu diperiksa dan diambil darahnya oleh petugas. Sedangkan di rutan Blora dari 100 warga binaan yang diperiksa hanya positif satu orang saja. Namun demikian dari jumlah itu belum diketahui siapa-siapa saja yang tekena HIV.
Dengan hasil itu lanjut Lilik, membuktikan bahwa di lokalisiasi sangat rawan terhadap penyebaran virus HIV tersebut, termasuk juga di Rutan Blora, sehingga semuanya harus hati-hati, jika tidak menjadi salah satu bagian yang positif HIV. "Membuktikan kalau memang di dua lokasi tersebut sangat rawan dan tinggi resko penularannya," katanya. ( Endah)


Proyek Jalan Provinsi di Blora Selesai Sebelum Lebaran
INFOKU, BLORA - Kerja keras para pekerja proyek pengecoran jalan Provinsi Jateng di Blora patut mendapatkan apresiasi.
Pasalnya diperkirakan pengerjaan proyek selesai sebelum Lebaran, sehingga hal itu bakal memudahkan pengguna jalan melintasi jalan tersebut saat mudik Lebaran.
"Tim dari Dinas Perhubungan pagi tadi melakukan pengecekan sejumlah ruas jalan di Blora.
Hasilnya, kami perkirakan ruas jalan provinsi yang tengah diperbaiki akan selesai sebelum Lebaran. Ini tadi kami lihat pengerjaan hampir rampung," ujar Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora, Bondan Sukarno, Selasa (7/8).
Dalam pengecekan tersebut, Bondan didampingi Kepala Bidang Lalulintas Angkutan, Sukarno. Pengecekan antara lain terkait pengumpulan bahan dan data guna disampaikan dalam rapat kooordinas (rakor) antardinas dan instansi di Pemkab Blora terkait persiapan angkutan mudik menjelang Lebaran.
"Rakor diselenggarakan Rabu (8/8)," kata Bondan.
Menurutnya, sejumlah ruas jalan provinsi yang saat ini tengah diperbaiki dengan cara dicor yakni di wilayah Kecamatan Ngawen, Kecamatan Kunduran dan Kecamatan Cepu.
Pada awal Ramadan lalu sempat muncul kekhawatiran proyek perbaikan jalan tersebut tidak bisa selesai sebelum Lebaran. "Namun ternyata kemungkinan besar bisa selesai. Kami lihat para pekerja proyek sampai kerja lembur untuk menyelesaikan pengecoran jalan tersebut," tandas Bondan.
Selama ini saat jalan tersebut diperbaiki, kemacetan kendaraan cukup panjang menjadi pemandangan sehari-hari. Pasalnya buka tutup jalan harus dilakukan. Akibatnya waktu tempuh dari Blora ke Semarang yang biasanya hanya tiga hingga empat jam, molor menjadi rata-rata lebih dari lima jam.( Endah/AM )
Foto Bondan Sukarno
 klik gambar>>>baca model TABLOID