Senin, 30 April 2012

INFOKU - GAGASAN edisi 29


Redaksi
Perempuan dan Korupsi
DISADARI atau tidak, perempuan memiliki pengaruh yang tidak bisa diremehkan terhadap kehidupan dirinya, keluarga, bahkan negara.
Pengaruh perempuan tidak hanya bisa mengantarkan sesuatu yang tidak baik menjadi baik. Tetapi juga mampu membuat hal-hal yang baik menjadi tidak baik seperti korupsi.
Kita semua pasti tahu praktik korupsi di Indonesia semakin bergerak liar. Pejabat dari tingkat pusat hingga daerah sangat bersemangat merampok uang rakyat.
Hampir semua pejabat di legislatif, eksekutif, dan yudikatif beramai-ramai menjadikan APBN/APBD sebagai bancakan.
Seluruh anak bangsa juga tidak ragu bahwa korupsi tidak hanya menghancurkan martabat sebagai bangsa, tapi juga merendahkan reputasi negara di mata dunia internasional. Ia bukan semata merugikan keuangan negara, tapi juga merusak nilai-nilai kemanusiaan. Baik keadilan, kesejahteraan, maupun kemakmuran.
Kita perlu mencari terobosan baru. Sebuah terobosan yang mampu memberikan jalan keluar terhadap penanganan korupsi. Salah satunya memainkan peranan  perempuan di semua cabang kehidupan.
Dalam konteks individu, seorang perempuan perlu mengendalikan segala bentuk keinginan  yang dapat mengalahkan kebutuhan. Ia harus mengutamakan logika kebutuhan, bukan keinginan.
Sifat materialistis yang identik dengan sifat bawaan perempuan jangan sampai menggelapkan hati nurani.
Sifat suka pada kebendaan, terutama hal-hal yang indah, tidak harus membuat seorang perempuan melakukan sesuatu yang melabrak tatanan nilai dan prinsip moral.
Di sinilah perempuan dituntut untuk menerima apa adanya apa-apa yang diberikan Tuhan kepadanya. Ini bukan berarti bermalasan tanpa ada usaha, namun usaha mencapai hal-hal yang dibutuhkan tersebut dicapai dengan cara baik. “Selamat Hari Kartini untukmu perempuan Bloraku”
(Penulis Drs Ec. Agung Budi Rustanto – Pimpinan Redaksi tabloid Infoku)


Harga BBM sebuah Keputusan Politis
Bahan bakar adalah suatu materi apapun yang bisa diubah menjadi energy. Biasanya bahan bakar mengandung energy panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi.
Kebanyakan bahan bakar digunakan manusia melalui proses pembakaran (reaksi redoks) dimana bahan bakar tersebut akan melepaskan panas setelah direaksikan dengan oksigen di udara.
Proses lain untuk melepaskan energy dari bahan bakar adalah melalui reaksi eksotermal dan reaksi nuklir (seperti fisi nuklir dan fusi nuklir). Hidrokarbon (termasuk didalamnya bensin dan solar) sejauh ini merupakan jenis bahan bakar yang paling sering digunakan manusia.
Bahan bakar lainnya yang bisa dipakai adalah logam radioaktif. Adapun jenis BBM diantaranya adalah avtur, avgas, bensin (Premium pertamax, pertamax plus), minyak tanah, minyak solar, minyak diesel, minyak bakar, bio diesel, dan pertamina dex.
Akan tetapi setelah tersebar berita tentang naiknya harga BBM para masyarakat menjadi gusar. Kenaikan harga BBM disebabkan karena isu jika enam bulan harga minyak mentah Indonesia (ICP) naik 15% dari harga patokan US$ 105 perbarel, pemerintah dipersilakan menaikkan harga.
Hal ini yang membuat masyarakat menjadi tiddak terima dengan kenaikan harga BBM tersebut. Masyarakat menilai bahwa pemerintah menaikkan harga secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.
Disisi lainnya, para mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia menggelar unjuk rasa, menuntut supaya pemerintah tidak menaikkan harga BBM. Para mahasiswa ini tidak terima jika harga BBM dinaikkan karena akan berimbas pada kehidupan mereka sehari-hari dirumah kost.
“jika harga BBM naik, maka harga sembako juga naik dan imbasnya pada kami “mahasiswa”. Kata-kata itulah yang dilontarkan para mahasiswa dalam berunjuk rasa. Akan tetapi apakan dengan unjuk rasa masalah akan cepat selesai ?menurut saya, jika dengan berunjuk rasa masalah tidak akan cepat selesai, hal ini justru akan menambah masalah.
 Jika mahasiswa yang anarkis dalam melakukan unjuk rasa akan menimbulkan dampak negative, diantaranya adalah bentrok antar mahasiswa dengan polisi yang mengakibatkan luka-luka pada korban yang terkena batu hantam. Sebaiknya jika mengajukan pendapat lebih baik lewat jalan berdiskusi atau musyawarah dan mengutarakan pendapat melalui tulisan.
Pemerintah akhirnya menunda kenaikan harga BBM, akan tetapi alangkah baiknya jika pemerintah menaikkan harga BBM hendaknya melihat kondisi yang dialami oleh bangsa ini dan dengan pemberitahuan secara pasti kepada seluruh rakyat Indonesia.

Oleh : Ghalin Ramantika - Sastra Indonesia 2011 - Universitas Negeri Semarang
 klik gambar==>baca model TABLOID