Senin, 31 Oktober 2011

INFOKU POLITIK & HUKUM - edisi 18

Pemkab Blora Ajukan APBD 2012 Lebih Awal
INFOKU, BLORA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora tak ingin lagi terjadi keterlambatan penetapan APBD. Karena itu institusi yang dipimpin Bupati Djoko Nugroho itu mengajukan Kebijakan Umum Anggaran serta Perhitungan Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD 2012 lebih awal.
"Kami sampaikan draf APBD 2012 itu dalam rapat paripurna DPRD beberapa hari lalu," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Blora, Kunto Aji, Sabtu (1/10).
Dia mengatakan, pengajuan lebih awal tersebut antara lain sebagai implementasi slogan Blora Berubah. Menurutnya, keterlambatan penetapan APBD di tahun-tahun sebelumnya menjadi pelajaran berharga.
Di bawah kepemimpinan Bupati Djoko Nugroho, keterlambatan penetapan APBD diupayakan tidak akan terjadi lagi.
"Sekarang tinggal para anggota Dewan yang terhormat, pembahasan APBD termasuk penetapannya akan dilaksanakan kapan. Idealnya memang APBD ditetapkan pada akhir tahun anggaran sebelumnya, yakni pada Desember," katanya.
Keterlambatan penetapan APBD di tahun-tahun sebelumnya menjadikan pelaksanaan pembangunan kurang berjalan optimal.
Sejumlah kegiatan dan proyek yang dananya telah dianggarkan, tidak bisa dilaksanakan penuh. Itu terjadi seiring mepetnya waktu pelaksanaan.
Kalaupun bisa rampung, kualitasnya juga dipertanyakan. Bukan hanya itu, keterlambatan itu menjadikan penyerapan dana APBD tidak penuh. Rata-rata setiap tahun penyerapan anggaran tidak lebih 90 persen.
Bahkan karena terlambat menetapkan APBD, Pemkab Blora pernah beberapa kali mendapat hukuman dari pemerintah pusat, yakni berupa penundaan pencairan dana alokasi umum.(Agung/AM)


Ultah Kapolres Gelar Bakti Sosial
INFOKU, BLORA- Harapan Bupati Blora Djoko Nugroho agar warga Blora dan instansi berusaha memberikan bantuan berupa air bersih pada masyarakat Blora yang saat ini sedang membutuhkan direspon positif Kapolres Blora.
Hal ini terlihat saat Bakti sosial berupa bantuan 30 tanki air bersih didesa Tutup dan desa Jipangrejo, diberikan Kapolres Blora AKBP Nurkholis melalui club mobil yang di ikutinya yakni  yakni Semarang Fourtuner Community (SFC) disaat ultahnya yang ke…
Penyerahan secara simbolis dihalaman Mapolres Blora Minggu (16/10) disaksikan langsung oleh beberapa tokoh masyarakat, dan jajaran Kepolisian resor Blora diantaranya, Wakapolres, KabagOp, Kabag Samapta, Kasatlantas, Kasatreskrim dan Kapolsek wilyah kabupaten Blora.
Disamping penyerahan 30 tangki air bersih tersebut juga, Kapolres juga menyerahkan tali asih kepada SDLB Jepon, SDLB Ngawen dan SMPLB Jepon.
Begitu juga bantuan diberikan pada Panti Asuhan Muhammadiyan Blora, Panti Asuhan Darul Hadlonah serta panti asuhan Beran.
Menurut beberapa tokoh masyarakat yang hadir disitu mengatakan, pemberian bantuan dari kapolres menunjukan kepedulian seorang Kapolres yang tanggap kepada lingkungan kerjanya.
“Bakti sosial di ulang tahunnya merupakan suatu perbuatan mulia dari seorang pemimpin, seperti apa yang dilakukan Kapolres Blora,” kata tokoh masyarakat yang enggan disebut namanya. (Endah/Agung)

Polres Grobogan Sebar Stiker Gambar DPO Teroris
INFOKU, GROBOGAN- Polres Grobogan memasang stiker bergambar teroris yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Pemasangan di tempat-tempat strategis tersebut untuk mempersempit ruang gerak para teroris tersebut.
’’Kami menyebar 600 stiker. Meski Grobogan tampak aman, tetapi masyarakat tetap harus waspada terhadap DPO teroris. Jika ada orang yang belum dikenal masuk atau bermalam di lingkungan kita, maka harus diminta menunjukkan identitas dan kemudian diberitahukan kepada Ketua RT setempat,’’ kata Kapolres AKBP Y Ragil Heru S SIK MHum didampingi Wakapolres Kompol Anton Perda SIK, usai menyaksikan penempelan stiker oleh jajarannya di salah satu ATM di Purwodadi, Sabtu (8/10).
Stiker bergambar DPO teroris tersebut antara lain dipasang di beberapa ATM, ruang tunggu Terminal Bus Purwodadi, pos-pos kamling, toko swalayan dan sejumlah objek vital lainnya.
Gambar-gambar tersebut sengaja ditempel di tempat umum agar bisa dilihat oleh masyarakat, sehingga apabila mengetahui orang yang dimaksud warga bisa segera menginformasikan pada petugas.
’’Apabila mengetahui orang-orang yang tergambar dalam stiker tersebut segera laporkan. Jangan gegabah, mengingat mereka cukup berbahaya dan dibutuhkan penanganan khusus,’’ imbuh Kapolres.
Pihaknya juga meningkatkan pengawasan wilayah, terutama di perbatasan Purwodadi-Solo, Purwodadi-Semarang, Purwodadi-Kudus, Purwodadi-Demak, Purwodadi-Pati, Purwodadi-Blora, Purwodadi-Sragen, Purwodadi-Salatiga dan Purwodadi-Boyolali.
Selain itu Polres Grobogan terus meningkatkan fungsi intelijen untuk melacak kemungkinan adanya anggota teroris atau orang asing yang mencurigakan masuk wilayah Grobogan.
’’Kami juga minta peran serta masyarakat demi menjaga keamanan wilayah dan juga ketentraman masyarakat itu sendiri. Kerja sama yang terjalin antara Polri dengan masyarakat selama ini cukup baik dan sinergis, sehingga perlu untuk ditingkatkan supaya tercipta kondisi Kamtibmas yang baik,’’tandas Ragil. (Budi)
 klik gambar===>baca model TABLOID