Kamis, 31 Mei 2012

Semarang & Grobogan - infoku 31


Tahun 2013, Pemerintah Gratiskan SNMPTN
INFOKU SEMARANG- terhitung tahun depan yakni 2013, Pemerintah akan menggratiskan biaya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pasalnya, SNMPTN melalui ujian tertulis dihapus.
Ketua Badan Kerja Sama (BKS) PTN dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Jawa Tengah-DI Yogyakarta Sudijono Sastroatmodjo mengatakan, tahun depan penerimaan mahasiswa 60 persen melalui jalur undangan. Selebihnya, 40%, diserahkan pada perguruan tinggi.
"Supaya bisa menjangkau seluruh wilayah, PTN di Jateng dan DIY sepakat memanfaatkan 20% dari porsi 40% itu dengan menggelar ujian tertulis secara serentak.
Sisanya, diserahkan perguruan tinggi apakah namanya ujian mandiri, jalur institusi, SMPU atau lainnya," terang Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) tersebut.
Dia menyebutkan, jalur masuk PTN melalui jalur undangan ini mendasarkan pada kriteria akreditasi sekolah.
 Siswa di sekolah berakreditasi A berpeluang lolos 50%, sekolah akreditasi B 30% dan sekolah akreditasi C 15%.
Namun persoalannya bagaimana pembiayaan siswa dari ketiga akreditasi sekolah itu yang tidak terfasilitasi?
"Misalnya, mereka yang tidak terekrut jalur undangan ini apakah berarti harus keluar mengeluaran biaya sendiri. Lantas bagaimana dengan mereka dari keluarga kurang mampu," imbuhnya.
Untuk itu, BKS PTN dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Jawa Tengah-DI Yogyakarta mengusulkan biaya SNMPTN yang ditanggung Pemerintah ini tidak hanya dari jalur undangan.
Namun juga bagi calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu dan kurang beruntung.
Kebijakan penghapusan SNMPTN jalur ujian tulis itu merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34 Tahun 2010.
Dalam Peraturan Menteri tersebut dinyatakan penerimaan mahasiswa baru di PTN melalui dua skema, yaitu SNMPTN dan/atau jalur mandiri. (Joko) 
 klik gambar===>baca model TABLOID