Kamis, 31 Mei 2012

REMBANG & PATI edisi 31


Dispendukcapil Rembang Pinjam Alat E-KTP
INFOKU, REMBANG– Ternyata Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Rembang meminjam dua alat perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) dari Kabupaten Pati.
Kepala Dispendukcapil Rembang Shodiq mengatakan, dua unit peralatan pinjaman itu sudah dipasang di Kecamatan Bulu dan Pancur. Sebelumnya, dua kecamatan itu baru menerima seperengkat peralatan perekaman data E-KTP.
Padahal 12 kecamatan lainnya di kabupaten itu sudah menerima peralatan dua unit.
“Peralatan pinjaman sudah kami pasang. Hanya saja masih ada sejumlah alat yang kurang seperti UPS, keyboard dan kabel-kabel. Namun kekurangan itu\ kami carikan dulu agar hari ini bisa segera digunakan,” ujarnya, Selasa (15/5).
Dua unit peralatan pinjaman itu tiba setelah Dispendukcapil terus menagih pihak konsorsium untuk melengkapi kekurangan peralatan di Rembang. Karena belum ada kepastian peralatan baru, pihak konsorsium pun meminjamkan peralatan milik Kabupaten Pati.
Shodik menambahkan, kekurangan peralatan membuat perekaman di dua kecamatan tersebut berjalan lambat.
Jika di 12 kecamatan lainnya rata-rata mampu merekam data lebih dari 300 warga setiap harinya, petugas di Kecamatan Bulu dan Pancur rata-rata hanya mampu merekam data sebanyak 150 warga/hari.
“Kami usahakan perekaman data di dua kecamatan itu bisa dikejar setelah alat tambahan terpasang dan difungsikan.
Sejauh ini perekaman data secara keseluruhan berjalan sesuai target yakni antara 4 ribu hingga 5 ribu warga yang dilayani setiap harinya,” ujarnya.
Total warga wajib KTP di kabupaten itu, menurut data Dispendukcapil Rembang, mencapai 504.635 orang.
Perekaman data E-KTP di kabupaten itu sudah dimulai sejak akhir Maret lalu dan ditargetkan rampung Oktober mendatang.(Rudi) 
 klik gambar===> baca Model TABLOID