Rabu, 10 Oktober 2012

PEMKAB BLORA -infoku 38



30 Perajin Batik Blora Ikuti Pelatihan di Yogjakarta
INFOKU, BLORA - Sebanyak 30 perajin batik Blora, berangkat mengikuti Pelatihan Perajin Batik di Yagjakarta, Senin (17/9).
Pelepasaan Peserta Pelatihan dilakukan Bupati Blora H Djoko Nugroho yang didampingi Ketua Dekranasda Hj Umi Kulsum dan Public Government Affairs Field Manager (FM) Mobil Cepu Limeted (MCL) Raxy Mawardijaya.
Selain itu, juga tampak hadir para kepala dinas instansi terkait dan tamu undangan lain.
Pelatihan perajin batik tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan bagi para perajin batik Blora.
Untuk itu setibanya di tempat pelatihan agar para peserta betul-betul mengikuti pelatihan dengan baik, sehingga sepulang dari pelatihan membawa hasil
yang maksimal.
“Jadi kalau Saudara sudah siap berangkat mengikuti pelatihan, tolong yang terpikir hanyalah satu belajar untuk menimba ilmu demi peningkatan kualitas batik Blora,” tegas Kokok panggilan akrab Bupati Blora H Djoko Nugroho saat memberikan sambutan pelepasan di ruang pertemuan Bappeda Blora, (17/9).
Kokok (Panggilan akrab Bupati Blora) juga mengatakan, melalui batik Blora, nantinya Blora juga bisa terkenal.
Karena menurutnya, apabila salah satu dari produk batik Blora bisa tampil di luar daerah dengan kualitas yang cukup bagus, maka nama Blora juga akan
terangkat di luar.
Selain itu pihaknya juga menyambut baik dengan adanya pelatihan batik Blora di Yogjakarta tersebut, karena dengan pelatihan secara otomatis akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan.
"Saya yakin, khususnya dari sisi kualitas, akan lebih bagus dari pada sebelum mengikuti pelatihan,” katanya.
Sebelumnya Ketua Dekranasda Blora Hj Umi Kulsum berharap, melalaui pelatihan yang akan dilaksanakan tersebut dapat menambah kreatifitas para perajin batik Blora, sehingga pada akhirnya batik Blora berani bersaing di luar daerah.
“Tantangan yang Saudara hadapi cukup berat mengingat di daerah lain, juga sudah ada batik yang mirip dengan batik Blora yang bisa menjual dengan harga murah”, kata Umi Kulsum.
Namun Dia tetap yakin, jika produksi batik Blora kualitasnya terus ditingkatkan, maka batik Blora akan berani berkompetisi di luar.
"Kepada saudara para perajin batik Blora, mari kita terus berupaya untuk meningkatkan kualitas batik Blora ini,” ajaknya.
Pelatihan perajin batik Blora itu, dengan instruktur dari ISI Yogyakarta dan akan dilasanakan selama 5 hari, mulai 18 - 22 September 2012 di Wisma Duta Wacana Yogjakarta.(Endah)
 lebih lengkap baca model TABLOID
klik GAMBAR