Jumat, 24 Februari 2012

BLORA infoku 25

DAK Terbesar untuk Rehab Gedung Sekolah
INFOKU, BLORA- Ternyata sebagian besar dana alokasi khusus (DAK) yang diterima Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Blora dari Pemerintah Pusat akan dipakai untuk memperbaiki gedung sekolah yang rusak.
Tak hanya DAK 2012, dana yang digunakan untuk rehab ruang kelas yang rusak tersebut juga DAK 2011.
Pasalnya tahun lalu dana itu belum sempat dipakai karena belum jelasnya petunjuk teknis penggunaan dana dari pemerintah pusat. "DAK 2011 sebesar Rp 36 miliar.
Sedangkan 2012 sebanyak tidak kurang dari Rp 22 miliar," ujar Kepala Disdikpora Blora, Slamet Pamuji, Sabtu (28/1).
Dia menyatakan selain DAK, pihaknya mendapatkan alokasi dana blok grand serta bantuan Pemprov Jateng yang semuanya untuk peningkatan mutu pendidikan di Blora.
Menurutnya bantuan Pemprov Jateng itu untuk memperbaiki gedung sekolah yang rusak dan pengadaan mebel sekolah.
Mumuk sapaan akrab Slamet Pamuji mengatakan tahun ini sebanyak 374 gedung sekolah yang rusak akan diperbaiki.
Sebagian besar gedung sekolah itu adalah SD, disusul berikutnya SMP. Sebab menurutnya fokus perhatian perbaikan gedung sekolah adalah untuk pendidikan dasar. Perbaikan dengan sistem swakelola.
Mumuk yang juga mantan Inspektor Blora menegaskan jika dana-dana yang tersedia tersebut masih belum mencukupi, pihaknya mengupayakan penganggaran dana dari APBD Blora 2012.
"Kami rasa DPRD maupun Pemkab akan menyetujui pengajuan anggaran untuk peningkatan mutu pendidikan diantaranya melalui perbaikan gedung sekolah yang mengalami kerusakan," tandasnya.(Endah/AM)

Bedah Rumah Ala Kodim Blora
INFOKU, BANJAREJO- Koramil 03-0721/Banjarejo Kodim 0721/Blora , melaksanakan sengkuyung membantu membuat rumah warga masyarakat.
Tahun ini Rumah Sugiran Umur (41) yang berdomisili di desa Banjarejo kabupaten Blora , mendapat bantuan renovasi.
Komandan Koramil 03/Banjarejo  Kapten Inf Suhardi  Mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu wujud Optimalisasi peran TNI.
“Yakni melalui program Kegiatan Karya Bhakti dengan melakukan membantu membuat rumah warga penduduk,” katanya.
Disisi lain guna meningkatkan soliditas TNI di daerah dalam menyiapkan wilayah pertahanan juga merupakan kepedulian TNI dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkesinambungan.
Sehingga tercapai dan terbina kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam rangka Ketahanan Nasional di wilayah kecamatanBanjarejo, Blora.       
Di tengah situasi yang ditandai dengan berbagai masalah krisis multi dimensi , menurut Danramin Banjarejo, program Karya Bhakti ikut mengambil bagian membantu Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Bail melalui pembangunan fisik maupun non fisik. Dan Membantu membuat rumah warga penduduk tersebut sangat bermanfaat  
“sehingga aktifitas kehidupan warga menjadi tentram dan nyaman serta untuk lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa” ungkap kapten inf Suhardi.(Agung) 
 klik gambar===baca model TABLOID