Jumat, 13 Januari 2012

INFO PENDIDIKAN - infoku edisi 22

HUT SMAN 2 BLora ke 28
CIPTAKAN GENERASI MUDA YANG BERKARAKTER DAN MANDIRI
INFOKU, BLORA- Tidak seperti hari biasa, pada pertengahan Desember 2011 tampak kemeriahan di SMAN 2 Blora. Sekolah yang berlahan 31.125 m2 dan memiliki 800 murid ini sedang bersuka ria merayakan HUT sekolahnya yang ke 28.
Berbagai kegiatan tarangkai sejak Sabtu (10/12) hingga Jumat (16/12), kegiatan dimulai dengan jalan santai/sehat dan lomba 5 K. Hari berikutnya, Senin (12/12) lomba footsal, bola volley, story telling, tabor bunga dan kataman Al Quran.
Lomba-lomba itu ditambah motivasi belajar yang disampaikan ERLANGGA, donor darah dan pentas seni sebagai puncak acara (15/12). Rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan bakti lingkungan dan penerimaan raport pada Jumat (16/12).
            “Kegiatan pemberian motivasi bekerjasama dengan Erlangga bertujuan pengembangan emosi siswa agar mempunyai kepercayaan diri dan tidak takut menghadapi ujian nasional,” terang Kepala Sekolah SMAN 2 Blora, Dra Yuni Ni’wati, Mpd. Kepala Sekolah yang baru dilantik ini juga menerangkan cirri khas SMAN 2 Blora yang menjadi unggulan bagi sekolah yang dipimpinnya.
            “Kami menerapkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL), karena kami memiliki areal yang luas maka kami manfaatkan untuk peternakan dan pertanian. Selain itu berbagai ketrampilan juga kami ajarkan seperti elektro, memasak (tata boga), menjahit (tata busana) dan lain-lain. Tujuan berbagai  ketrampilan ini agar setelah lulus anak bisa mandiri,” ujarnya.
            Selain membekali muridnya dengan berbagai ketrampilan, SMAN 2 Blora juga memberikan pendidikan yang ramah dengan lingkungan hidup.  Baru-baru ini sekolah ini mengadakan study banding di SMA 3 Magetan yang berbasis lingkungan hidup.
            “SMAN 2 Blora pada tahun pelajaran 2010/2011 merupakan satu-satunya SMA di Kabupaten Blora yang dikukuhkan sebagai sekolah Adiwiyata (Sekolah Berbudaya Lingkungan). Kami bekerjasama dengan Lingkungan Hidup Blora mengembangkan kepedulian terhadap lingkungan,” jelas Yuni panggilan akrab Kepala Sekolah yang berjilbab ini.
            Ciri khas lain yang ditonjolkan SMAN 2 Blora yakni mendidik dengan wawasan kebangsaan. Wawasan kebangsaan ini didasari oleh rasa cinta tanah air dan menempatkan kepentingan bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. Latar belakangnya antara lain karena memudarnya semangat nasionalisme yang ditandai dengan sering terjadinya krisis yang berdimensi SARA.
Krisis yang dipicu banyaknya sumber daya alam yang dijual kepada pihak asing, pengakuan beberapa seni budaya oleh Negara lain karena wawasan nasionalisme belum menjadi spirit dalam membangun, hal ini sangat mengkhawatirkan dan mengancam keutuhan NKRI.
            Wujud nyata wawasan nusantara untuk menanamkan pendidikan berkarakter ini SMAN 2 Blora mengadakan pengibaran bendera di depan sekolah secara bergilir.Diputar lagu-lagu wajib dan nasional setiap pagi pukul 06.30 sampai dengan jam 07.00 WIB dan setelah bel usai.
            “Kami juga menerapkan berbaris rapid an sopan (berjabat tangan) dengan guru pada jam pertama dan jam berakhir di sekolah. Hormat bendera sebelum pelajaran pertama dimulai dan sesudah jam usai, dilanjutkan dengan berdoa dan hormat pada guru,” ujar Yuni, semua ini dilakukan untuk menanamkan kedisplinan.
            Berbagai prestasi diraih SMAN 2 Blora baik di bidang akademik maupun non akademik. Beberapa diantaranya antara lain : Juara 2 lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA/sederajat sekabupaten Blora atas nama Cicik Dian Pratiwi, 
Peringkat 2 NEM IPA dan no 3 IPS sekabupaten Blora, Juara 3 lomba panahan tingkat propinsi atas nama Ariyo Wibowo, juara 3 Duta Wisata tahun 2011 dan juara favorit atas nama Navrida Dewi, Juara 1 tolak peluru, lompat jauh lomba atltetik persiapan popda se eks Karisidenan Blora,  penyaji terbaik tim kesenian Kabupaten Blora atas nama Febri Dyah Ayu, dan baru-baru ini, Rabu (14/12) mendapat juara 1 volly yang diselenggarakan DPC PDI Perjuangan Blora.
            “Semua potensi dan prestasi yang dimiliki SMAN 2 Blora merupakan modal penting untuk menciptakan generasi muda berkarakter dan mandiri jika telah lulus. Karena itu jangan ragu untuk menimba ilmu di sekolah kami, “ kata Yuni mengakhiri wawancara dengan Infoku. (Agustina)
 klik gambar====>baca model TABLOID