Rabu, 01 Juni 2011

INFOKU edisi 10 - PENDIDIKAN


 Tiga tahun SMPN 2 Blora berstatus RSBI
Mulai Panen Prestasi
BLORA, INFOKU, Perlahan dan pasti SMPN  2 Blora mulai menunjukan prestasi yang cukup spektakuler, ditahun ke 23 statusnya yang Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).
Tak kurang 196 prestasi yang didapat siswa SMP di Blora kota yang berstatus RSBI, sejak tahun 2008-2011 ini.
Berbagai juara diraih para siswa SMPN 2 Blora ini mulai juara di tingkat kabupaten sampai ke tingkat Nasional.
Purwadi sebagai kepala sekolahnya, kepada Infoku mengaku sangat terkesan pada siswanya, yang selalu berupaya keras untuk mewujudkan impian sebagai sekolah yang terbaik.
Hal itu terbukti saat Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang diselenggarakan April yang lalu. Tim dari SMPN 2 Blora ini muncul sebagai juara pertama ditingkat kabupaten.
Demikian juga di kejuaraan sempoa di Jakarta siwanya muncul sebagai juara 3.  Juga ditingkat propinsi, Siswanyapun membawa nama harum Blora dengan menjuarai Pertama di bidang olah raga panahan.
Sedang pada bakat kesenian tak tanggung-tanggung siswanya selalu muncul sebagai juara mulai dari juara pertama sampai juara ketiga, baik ditingkat kabupaten atau tingkat Popinsi selalu didapatnya.
Purwadi juga mengaku bahwa tidaklah mudah menggapai prestasi ini tanpa adanya usaha yang keras dari siswa atau pendidik yang ada di SMPN 2 Blora ini.
Target Tahun Ajaran 2011/2012
Ditanya mengenai target ditahun ajaran baru mendatang, yakni 2011/2012 kepala sekolah yang juga dosen di salah satu Universitas di Jawa Timur ini mengatakan, secara pasti menjadikan siswanya sebagai siswa teladan kabupaten Blora.
“Sebagai target utama adalah mewujudkan siswa teladan kabupaten Blora dari siswa SMPN 2 dan mempertahnkan jura LCC yang baru kami dapat. Dan tentunya tanpa mengesampingkan target lainnya,” kata Purwadi.
Terkait kuota guru S-2 yang disyaratkan dalam RSBI, dia optimis akan tercapai dalam jangka waktu kurang lebih 2 tahun. Seperti diketahui di SMPN 2 Blora ini ada satu guru yang lulus dari universitas di Eropa.
Disisi lain Dia juga menandaskan untuk mewujudkan ini, dari dana yang didapat baik dari batuan pusat, orang tua atupun sponsor, selalu akan diperuntukan untuk yang terbaik bagi perkembangan sekolahnya dan pendidikan Blora pada umumnya.
Terkait dengan keberadaan siswa miskin di sekolahnya, Purwadi juga mengatakan dibebaskan dari segala administrasi.
‘Asal memenuhi persyaratan sesuai ketentuan kategori miskin kami pasti dan wajib menampungnya, dan ini sesuai yang disyaratkan dalam ketentuan RSBI,” terang Purwadi didampingi para wakilnya.
Diakhir penjelasanya pada Infoku Purwadi nemambahkan bahwa seiring makin bertambahnya usia RSBI di SMPN ini,  kepercayaan para orangtua murid makin tinggi.
Dengan harapan nantinya SMPN 2 Blora yang berstatus RSBI, dapat dijadikan barometernya pendidikan ditingkat SMP di kabupaten Blora.(Agung)