Kamis, 30 Juni 2011

INFOKU 12 - REDAKSI


Perlukah Re­vo­lu­si Li­bur Na­sio­nal  
Su­rat Ke­pu­tus­an Ber­sa­ma (SKB) Men­te­ri Aga­ma, Men­te­ri Te­na­ga Ker­ja dan Trans­mi­gra­si dan Men­te­ri Ne­ga­ra Pem­ber­da­ya­an Apa­ra­tur Ne­ga­ra dan Re­for­ma­si Bi­ro­kra­si No 03/M.PAN-RB/05/2011 ten­tang Pe­ne­tap­an Cu­ti Ber­sa­ma tang­gal 3 Ju­ni 2011, di­tang­ga­pi bera­gam oleh ma­sya­ra­kat.
Se­ba­gi­an ma­sya­ra­kat me­nyam­but­nya se­ba­gai ke­arif­an pe­me­rin­tah, se­ba­gi­an meng­ang­gap­nya se­ba­gai pem­bo­ros­an dan in­efi­si­en­si. Se­ba­gi­an yang lain me­man­dang­nya se­ba­gai cer­min­an si­kap ma­las apa­rat pe­nye­leng­ga­ra pe­me­rin­tah. Si­kap se­ru­pa te­lah di­tun­juk­kan pe­me­rin­tah de­ngan ke­pu­tus­an se­ko­nyong-ko­nyong me­ne­tap­kan cu­ti ber­sa­ma 16 Mei 2011.
Ka­sus ke­dua ini meng­un­dang re­ak­si yang le­bih bera­gam, ka­re­na ba­nyak pemerin­tah dae­rah yang ti­dak sem­pat meng­in­for­ma­si­kan ke­pa­da sa­tu­an pe­rang­kat ker­ja dae­rah (SKPD), se­hing­ga ada in­stan­si yang me­li­bur­kan pe­ga­wai­nya ada pu­la yang ti­dak. Re­ak­si pa­ling ke­ras jus­tru da­tang da­ri pi­hak swas­ta.
Sek­tor ja­sa, sek­tor usa­ha per­da­gang­an, sek­tor non­for­mal de­ngan se­ga­la macam usa­ha dan se­ba­gai­nya ter­pe­ra­ngah de­ngan ke­pu­tus­an pe­me­rin­tah ter­se­but.
Me­re­ka yang su­dah te­lan­jur mem­bu­at pe­ren­ca­na­an, ag­re­e­ment dan se­je­nis­nya se­ga­la se­sua­tu te­lah di­per­si­ap­kan de­ngan ma­tang ha­rus di­ba­tal­kan.
Me­re­ka bu­kan sa­ja me­nang­gung ke­ru­gi­an fi­nan­si­al yang sa­ngat be­sar, te­ta­pi ju­ga ke­per­ca­ya­an da­ri mit­ra usa­ha.
Ke­bi­jak­an pe­me­rin­tah ter­se­but per­lu di­ka­ji ulang. Ini­sia­tif me­ne­tap­kan cu­ti bersa­ma pa­da ha­ri-ha­ri ke­je­pit tam­pak sa­ngat di­pak­sakan.
Ka­lau pe­me­rin­tah me­mi­liki prog­ram ker­ja dan pe­ren­ca­na­an yang ba­ik, mes­ti­nya peng­atur­an ha­ri li­bur dan cu­ti ber­sa­ma di­te­tap­kan se­jak awal ta­hun, se­hing­ga ti­dak mem­be­ri­kan ke­san pe­lak­sa­na ne­ga­ra dan apa­ra­tur pe­me­rin­tah be­tul-be­tul di­pi­lih ka­re­na ke­ah­li­an­nya.
Meng­apa mes­ti ter­ke­san men­da­dak dan de­ngan alas­an yang bo­doh ke­ti­ka mene­tap­kan ha­ri li­bur dan/atau cu­ti ber­sa­ma? Di ne­ge­ri ini ma­sih ba­nyak in­stan­si peme­rin­tah mau­pun swas­ta yang me­ne­rap­kan enam ha­ri ker­ja, se­hing­ga me­re­ka tidak da­pat me­nik­ma­ti li­bur pan­jang atas ”bu­di ba­ik” pe­me­rin­tah ter­se­but di atas. Da­lam hal ini jus­tru di­mung­kin­kan mem­be­ri­kan pe­lu­ang orang-orang pe­ma­las me­man­fa­at­kan­nya se­ba­gai ”Ha­ri Mang­kir Na­sio­nal”.
Kon­sep cu­ti ber­sa­ma pa­da ha­ri ke­je­pit itu se­be­nar­nya ter­in­spi­ra­si anak se­ko­lah (pe­la­jar dan ma­ha­sis­wa) tem­po doe­loe yang ting­gal di ru­mah in­de­kos dan/atau komu­ni­tas ko­mu­ter yang me­mi­liki si­kap ma­las.
Ke­ti­ka itu sa­ra­na trans­por­ta­si ma­sih ter­go­long ma­hal dan fre­kuen­si­nya ja­rang, se­hing­ga me­re­ka ter­do­rong me­man­fa­at­kan pe­lu­ang ha­ri ke­je­pit un­tuk mang­kir se­ko­lah, ku­li­ah, atau ker­ja.
Me­re­ka meng­ingin­kan efi­si­en­si bia­ya per­ja­lan­an dan bia­ya hi­dup pa­da ha­ri ke­je­pit ter­se­but, di sam­ping ke­i­ngin­an ber­li­bur le­bih pan­jang dan ber­kum­pul de­ngan ang­go­ta ke­lu­ar­ga le­bih la­ma. Ka­lau si­kap se­per­ti itu ke­mu­di­an di­te­rap­kan pa­da sistem pe­me­rin­tah­an itu pe­la­yan pub­lik ma­ka pub­lik yang di­ru­gi­kan.
Hal ter­se­but se­ka­li­gus meng­gam­bar­kan ada pe­ja­bat-pe­ja­bat pub­lik yang ma­sih ken­tal de­ngan ke­bia­sa­an bu­ruk se­ba­gai­ma­na ke­ti­ka ber­sta­tus anak se­ko­la­han. Men­te­ri Ko­or­di­na­tor Ke­se­jah­te­ra­an rak­yat (Men­ko­kes­ra), Agung Lak­so­no, berkomen­tar de­ngan cu­ti ber­sa­ma dan li­bur pan­jang, pe­ga­wai/pe­ker­ja da­pat mengisi ha­ri-ha­ri li­bur­nya de­ngan ke­gi­at­an-ke­gi­at­an ber­sa­ma ke­lu­ar­ga, da­pat meng­ge­liat­kan sek­tor swas­ta dan me­ning­kat­kan pa­ri­wi­sa­ta.
Ang­gap­an itu meng­gam­bar­kan be­ta­pa ti­dak pa­ham­nya pe­ja­bat ting­gi ter­ha­dap ke­hi­dup­an ma­sya­ra­kat di ba­wah­nya. Ja­ngan­lah me­ngi­ra de­ngan li­bur pan­jang ma­sya­ra­kat da­pat mem­be­lan­ja­kan uang di tem­pat re­kre­a­si ber­sa­ma ke­lu­ar­ga atau shop­ping di mal dan su­per­mar­ket. Ba­nyak di an­ta­ra pe­ga­wai/pe­ker­ja peng­ha­sil­anya be­lum men­ca­pai ga­ris mi­ni­mal un­tuk men­cu­kupi ke­bu­tuh­an hi­dup. Bah­kan dimungkin­kan ka­re­na in­stan­si/per­usa­ha­an tem­pat be­ker­ja me­li­bur­kan pe­ga­wai­nya, pe­ga­wai yang di­ga­ji ha­ri­an jus­tru ke­hi­lang­an da­ya hi­dup pa­da ha­ri-ha­ri itu.
Cu­ti ber­sa­ma
Ha­ri li­bur per­ma­nen yang di­te­rap­kan pe­me­rin­tah se­la­ma ini pa­ling ti­dak se­jak ma­sa ke­pre­si­den­an Gus Dur se­ba­nyak 14 ha­ri. Apa­bi­la di­tam­bah hak cu­ti pe­ga­wai pe­me­rin­tah dan/atau swas­ta 12 ha­ri ker­ja se­tiap ta­hun, ma­ka jum­lah ha­ri be­bas be­ker­ja ada­lah 26 ha­ri.
Ini se­ta­ra de­ngan sa­tu bu­lan ker­ja un­tuk in­stan­si yang mem­ber­la­ku­kan enam ha­ri ker­ja dan sa­tu bu­lan sa­tu pe­kan bu­lan un­tuk in­stan­si yang mem­ber­la­ku­kan lima ha­ri ker­ja (de­ngan asum­si sa­tu bu­lan  22 ha­ri ker­ja).
Ka­lau di­cer­ma­ti, pa­da ha­ri li­bur na­sio­nal ke­aga­ma­an yang meng­ako­mo­da­si umat Is­lam, se­per­ti Ha­ri Mau­lud Na­bi Mu­ham­mad SAW (sa­tu ha­ri), ha­ri Is­ra’ Mi’raj (sa­tu ha­ri) dan Ta­hun Ba­ru Mu­ha­ram (sa­tu ha­ri), ka­um mus­lim ti­dak me­la­ku­kan ritu­al khu­sus pa­da ha­ri-ha­ri ter­se­but.
Se­an­dai­nya umat Is­lam te­tap ber­ak­ti­vi­tas seper­ti ha­ri-ha­ri bi­sa, memurut penulis yang juga beragama Islam, ti­dak me­ru­gi­kan ka­re­na ti­dak ada ri­tu­al khu­sus pa­da siang ha­ri ter­se­but.
Ha­ri li­bur ter­se­but per­lu di­pi­kir­kan ulang un­tuk di­ja­di­kan ha­ri ker­ja nasional. Ber­be­da hal­nya de­ngan ha­ri Idul Fitri (dua ha­ri) dan ha­ri Idul Ad­ha (sa­tu hari), di ma­na umat Is­lam me­nye­leng­ga­ra­kan ri­tu­al khu­sus pa­da pa­gi ha­ri. Ke­dua ha­ri ra­ya itu me­mang ha­rus di­te­tap­kan se­ba­gai ha­ri li­bur na­sio­nal.
Se­dang­kan ha­ri yang ber­te­pa­tan de­ngan Ta­hun Ba­ru Ma­se­hi dan ha­ri per­ingat­an Prok­la­ma­si Ke­mer­de­ka­an Ne­ga­ra Re­pu­lik In­do­ne­sia (ma­sing-ma­sing sa­tu ha­ri) di­ang­gap se­ba­gai ha­ri be­sar ber­sa­ma bang­sa In­do­ne­sia, dan di­te­tap­kan se­ba­gai ha­ri li­bur na­sio­nal. Bang­sa-bang­sa lain pun meng­ang­gap ke­dua ha­ri itu se­ba­gai ha­ri ra­ya.
Ga­gas­an ini ti­dak per­lu di­si­ka­pi de­ngan ber­pi­kir dis­kri­mi­na­tif dan ti­dak pu­la dipan­dang se­ba­gai pe­mi­cu si­kap ra­sia­lis. Jus­tru de­ngan peng­ubah­an peng­atur­an dan pe­ne­tap­an ha­ri li­bur ini men­ja­di­kan ”ke­se­im­bang­an” ako­mo­da­si li­bur na­sio­nal yang ber­si­fat ke­aga­ma­an, ter­uta­ma peng­anut dua aga­ma ter­be­sar di ne­ge­ri ini.
Tam­pak­nya ga­gas­an ini te­ra­sa menga­da-ada dan ter­ke­san ngo­wah-owa­hi adat, nga­ya­wa­ra, ne­ka-ne­ka dan se­ba­gai­nya. Te­ta­pi, ka­lau pe­me­rin­tah mau me­ning­katkan kua­li­tas dan kuan­ti­tas pe­la­yan­an pub­lik, me­ning­kat­kan efi­si­en­si, pro­duk­ti­vi­tas, pen­da­pat­an per­ka­pi­ta dan pen­da­pat­an ne­ga­ra, per­lu di­ada­kan per­ubah­an da­lam me­na­ta dan meng­atur sis­tem ha­ri ker­ja.
Bi­la per­lu jum­lah jam ker­ja yang se­la­ma ini di­be­ban­kan ke­pa­da pe­ga­wai pe­layan­an pub­lik di­tam­bah, se­hing­ga ti­dak ada pe­num­puk­an pe­ker­ja­an se­per­ti yang ter­ja­di di lem­ba­ga-lem­ba­ga yu­di­ka­tif.
Ka­lau hal ini da­pat di­la­ku­kan, ti­dak ada pe­nun­da­an hak pub­lik un­tuk men­da­pat la­yan­an. Ar­ti­nya be­tul-be­tul pe­me­rin­tah itu pe­la­yan rak­yat, ab­di ma­sya­ra­kat. Ti­dak ber­hen­ti pa­da slo­gan se­ma­ta.
Meng­apa ha­rus re­vo­lu­si? Ja­wab­an­nya ka­re­na se­mua per­ubah­an da­ri se­sua­tu yang di­ang­gap ma­pan, pas­ti ada fak­tor pen­du­kung dan peng­ham­bat.
 (Penulis: Drs. Ec.Agung Budi Rustanto – Pimpinan Redaksi tabloid INFOKU)
klik gambar ====>baca model TABLOID