Kamis, 30 Juni 2011

INFOKU 12 - PENDIDIKAN


SMPN1 BLORA RSBI di Tahun Pelajaran Baru 
Prestasi Akan Makin Melejit, Mengutamakan Sekolah Murah
INFOKU, BLORA-  Sudah menjadi tradisi bila SMPN I Blora selalu menjadi langganan juara pada setiap even pendidikan, setiap kali digelar di Blora.
Apalagi setelah SK Dirjen Pendidikan dasar Kementrian Pendidikan Nasional RI yang ditandangani Direktur Pembinaan SMP bernomor 1393/C3/TU/2011 pertanggal 13 Juni 2011 tentang penetapan RSBI, makan akan membuat sekolah ini akan makin melejit prestasinya.
Sehingga di tahun pelajaran baru ini, direncanakan sekolah ini akan membuka 9 kelas yang terdiri dari 4 kelas RSBI dan 5 kelas regular.
Seperti diketahui masyarakat, baru-baru ini SMPN 1 Blora tetap mengkokohkan prestasinya secara keseluruhan, pada urutan 1 di kabupaten Blora dan Ranking 67 di Jawa Tengah pada Ujian Nasional tahun ini.
Bila mengingat lebih dari 3.000 SMP di Jawa Tengah, urutan tersebut sudah merupakan prestasi yang cukup membanggakan, dibanding serkolah lain yang ada di Blora.
Kado para siswa pada sekolahnya di akhir tahun pelajaran 2010-2011 ternyata cukuplah banyak tak kurang 72 juara diraih SMP tertua di kabupaten Blora.
Menurut kepala Sekolah SMPN 1 Blora H Masrun saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan jumlah tersebut cukuplah membanggakan bila mengingat fasilitas yang ada disekolahnya kalah jauh dengan sekolah yang terlebih dahulu berstatus RSBI.
“Saya bangga dengan anak-anak didik kami, yang selalu berjuang secara maksimal dalam berbagai kejuaraan, sehingga dapat menghasilkan yang terbaik bagi sekolah kami,” ungkapnya.
Dia juga menjelaskan pada bulan ini pada lomba olimpiade saint yang diselenggarakan oleh Disdikpora, untuk mengambil wakil Blora pada kejuaraan tingkat propinsi, siswanya menyapu bersih juara pertama di 3 mapel.
“Ghifari Yukha juara I olimpiade saint Biologi, Julian Enggario juara pertama olimpiade Saint Matematika dan Yustian Adhinugroho juara pertama olimpiade Fisika, sehingga mereka berhak mewakili Blora di Tingkat Propinsi,” jelas Masrun.
Disamping itu SMPN 1 Blora ini pada UAN tahun pelajaran ini 10 siswanya mendapatkan nilai bulat 10 pada dua bidang mata pelajaran Matematika merupakan catatan istimewa di Blora.
Ditanya tentang persiapan ruang kelas untuk RSBI Masrun mengatakan secara phisik sudah siap sejak tahun kemarin.
“Walau kami baru ditetapkan sebagai RSBI tahun pelkajaran ini, namun persiapan fisik dan jajaran guru pendidik, telah kami siapkan sejak pengajuan sebagai RSBI pada 2 tahun lalu,” tambah Masrun.

Komite Sekolah Sukseskan Sekolah Murah dan Terjangkau
Ditempat terpisah ketua komite sekolah SMPN 1 Blora Didik Lukardono ketika ditemui mengatakan bahwa sekolahnya wajib memberi menerima murid dari keluarga miskin secara gratis.
“Komitmen kami wajib menerima siswa miskin walau status sekolah menjadi RSBI bahkan akan kami gratikna mereka,” kata Didik yang juga sekretaris BAPPEDA ini.
Dukungan yang nyata telah diberikan komite sekolah sejak 2 tahun lalu, yakni memembuat fasilitas kelas sesuai standart RSBI dan pembelajaran pokok bilingual yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Pelajaran yang menggunakan Bahasa Inggris menurut Didik Lukardono adalah Matematika, IPA, ICT (information communication technology) dan Bahasa Inggris itu sendiri.
“Sehingga pada 3 kelas unggulan ini yang terdiri 24 siswa per kelas sudah menggunakan laptop sendiri dan ditiap kelas sudah menggunakan LCD dalam proses pembelajaran,” jelasnya.
Didik juga berharap pada tahun ajaran baru ini dengan status RSBI nya, agar para siswa lebih giat belajar sehingga lebih mengkokohkan prestasinya sebagai sekolah terbaik di kabupaten Blora ini.
“Harapan kami yang utama adalah semakin mengkokohkan SMPN 1 Blora sebagai sekotah terbaik di kabupaten Blora,” tambah Didik Lukardono.

“Tetap yang Terbaik di Blora” dr Heri Prasetyo
Tidak bisa dipungkiri SMPN I Blora tetap yang terbaik di kabupaten Blora. Hal itu diungkapkan dr Heri Prasetyo saat dimintai tanggapannya duruang prakteknya.
Menurut Heri Prestyo bukti yang nyata telah ditunjukan 3 tahun terakhir secara berturut-turut SMP ini selalu mengkokohkan dirinya sebagai yang pertama secara umum.
“Walau ada sekolah yang berstatus diatasnya selama 3 tahun, namun prestasi akademi secara keseluruhan tetap yang terbaik di kabupaten Blora,” katanya.
Lanjut Heri, sebelumnya saya kurang optimis karena ada 2 sekolah di Blora yang berstatus RSBI akan menjatuhkan mental para siswa saat bersaing di tiap kejuaraan.
Namun terbukti dalam 3 tahun para siswa SMPN 1 Blora tetap dapat menghasilkan prestasi yang tertinggi, tanpa terbebani mental status sekolahnya dan saya acungi jempol buat para pengajar di sekolah ini,” tandas Heri Prasetyo.(Andi Novendra/Agung)

 Klik gambar ===> baca model TABLOID