Sabtu, 30 Juni 2012

PENDIDIKAN - Infoku 32


SMPN 1 Jepon Ukir Sejarah
Tiga Siswanya Terpilih OSN – Terbanyak di Blora
INFOKU, BLORA- Suatu prestasi yang luar biasa ditorehkan oleh siswa SMPN 1 Jepon, dalam mewakili kabupaten Blora pada Olimpiade Sain Nasional (OSN) tahun 2012 ini.
Yakni 3 siswanya tampil sebagai utusan Blora ke tingkat propinsi dari 9 siswa yang dikirim ke Semarang. Jumlah ini merupakan terbanyak dibanding sekolah lainya.
Padahal bila mengingat SMPN 1 Jepon sekolah yang dipinggiran kota dan harus bersaing sekolah yang bersatus RSBI.
Maka hasil yang diperoleh SMPN 1 Jepon ini boleh merupakan pencapaian terbesar sekolah ini.
Seperti diketahui sekolah yang dipimpin H Suradji,  beberapa waktu lalu mengikuti penyisihan ditingkat kabupaten dengan mengirimkan 4 wakilnya untuk 4 mapel OSN yang dilombakan.
Ternyata 3 siswanya muncul sebagai pemenang yakni pada mapel IPS, Biologi dan Matematika. Sedang untuk mapel siswa dari SMP ini belum mendapat juara.
Bahkan yang sangat dramatis adalah pada Mapel Biologi siswa yang bernama Natis Bi Irham muncul sebagai juara Pertama, menyisihkan semua peserta yang mengikuti seleksi itu.
Sebagai ketentuan OSN tingkat Propinsi untuk 4 Mapel, IPS, Matematika, Fisika dan Biologi, dan tiap kabupaten di Jateng mengirimkan masing-masing 2 wakil terbaiknya ditiap mapel (Kecuali IPS yang mengirimkan 3 Wakilnya), untuk mengikuti seleksi Propinsi.
Ketentuan lain yang boleh dikata merupakan kebijakan, adalah Juara Pertama ditiap mapel yang dilombakan, guru sekolah tersebut mendapat kehormatan sebagai pendamping ketingkat Propinsi.
Atas aturan tersebut maka Juatmi guru pembimbing mapel Biologi dari SMP tersebut mendapat kehormatan berangkat ke tingkat Propinsi.
Sementara kepala sekolah SMPN 1 Jepon H Suradji saat dikonfirmasi mengucapkan terima kasih pada seluruh guru sekolah ini, yang secara tak langsung ikut membantu mesukseskan prestasi siswanya.
“Kita bersyukur karena SMPN 1 Jepon bisa mengirimkan 3 pelajar kita sebagai peserta OSN tingkat propinsi, “ Kata H Suradji didampingi Dalyadi yang merupakan guru pendamping OSN untuk mapel Matematika.
Adapun Lomba OSN Tingkat Propinsi diadakan pada 2 Juni lalu yang berpusat di Solo tepatnya di Asrama Haji Donohudan.
“Memang saya mendapingi mereka di  Donohudan Solo pada OSN Propinsi 2 juni 2012 lalu, dan berharap agar siswa dari Blora, dapat melaju lagi ketingkat nasional,” tandas Juatmi guru pendamping Mapel Biologi ini.  (Agung)
 klik gambar>>baca model TABLOID