Kamis, 08 November 2012

INFOKU PENDIDIKAN - edisi 41


SD Unggulan Kedungjenar Blora
Lomba Olahraga Usai Mid Semester
INFOKU, BLORA- Ada perubahan yang nampak nyata pada SD Unggulan Kedungjenar Blora ditahun ini.
SD yang sarat Prestasi olahraga ditahun ini mulai dari juara Tenis junior Nasional, Juara panjat Tebing Propinsi dan berbagai kejuaraan olahraga lainnya, mulai melakukan pembinaan olahraga sejak dini.
Misalnya disela usai ujian tengah semester mengadakan berbagai lomba olah raga yang ringan pada siswanya.
Lomba intern sekolah ini mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 menurut kepala sekolah Bambang Suhartono untuk mengisi waktu saat para guru mengoreksi hasil tes tengah semester, juga member hiburan tersendiri bagi para siswa.
“Disamping sebagai sarana pembinaan olahraga juga, memberi hiburan tersediri bagi para siswa yang setiap harinya terfokus pada pelajaran,” katanya.
Menurut Bambang kegiatan olahraga semacam ini memang baru diadkan pada tahun ini, dan akan dijadikan agenda rutin disetiap usai semester.
Untuk itulah dia berharap agar para orang tua memberi spirit pada anaknya disamping agar giat belajar dan berolahraga sesuai keampuan anak.
“Untuk lomba olahraga dikegiatan mendatang akan kami tambah jenisnya,” ungkap Kepala sekolah SD Kedungjenar ini.

LARI TONGKAT : Para peserta lomba lari untuk mengambil tongkat dan dimasukan ke botol dengan jarak 50 meter saat akan melakukan start. (Foto: Endah) 
Saat ini baru 5 olah raga ringan yang dipertandingkan, diantaranya lomba kelerenga untuk anak kelas 1 dan 2, lomba lari longkat 50 meter kelas 3 dan kelas 4 dan lomba sepakbola mini Putra/Putri kelas 5 dan kelas 6.
Bambang juga menambahkan, para juara nantinya diberi penghargaan berupa piagam. (Endah)


Pengurus OSIS SMPN 1 Blora
Janjikan Perubahan yang Lebih Baik
INFOKU, BLORA- Tahun ajaran baru identik dengan perubahan kepengurusan OSIS pada semua sekolah.
Demikian juga di SMPN 1 Blora yang jumlah muridnya sebanyak 759 siswa Rabu (21/10) melakukan pemilihan ketua OSIS secara Langsung Bebas dan Rahasia.
Menurut Winarno Kepala sekolah RSBI ini, pelaksanaan pemilihan pengurus OSIS melalui beberapa tahapan.
Tahapan pertama  dilakukan seleksi terlebih dahulu ditingkat jenjang kelas.dan selanjutnya yang terpilih berhak maju sebagai kandidat.
 “Dari hasil tersebut terpilih 5 kandidat yakni M Rizky Alkhasani Kelas 8  – A Novy Fitria S kelas 8 – MM Bagas A kelas 7 – Andini Junita N Kelas 7 – Adelia Wahyu P kelas 7. 
Lanjut Winarno melalui wakasek Hariyanto, pemilihan yang digelar lab Bahasa disekolah tersebut dilakukan seluruh murid yang terbagi perkelas secara bergantian sebanyak 21 kelas.860 27
Dari 880 kartu suara yang disiapkan untuk 860 siswa yang mempunyai hak suara , ternyata hanya 757 siswa yang menggunakan hak pilihnya.
Sedang yang tidak menggunakan haknya sebanyak 22 siswa karena tidak masuk dan 81 suara rusak/abstain.
Setelah melalui proses pemilihan seperti layaknya pemilu yang mencontreng gambar calon, akhirnya M Rizky Alkhasani (485 suara) – A Novy Fitria S  (165 suara) – MM Bagas A (80 suara) – Andini Junita N (17 suara) – Adelia Wahyu P (10 suara) 
Disisi lain menurut Hariyanto kegiatan ini merupakan salah satu pembelajaran politik untuk para pelajar.
“Disinilah anak-anak secara tidak langsung belajar berpolitik bagiamana menggunakan mereka menggunakan hak pilihnya,” ungkapnya.
Beberapa hari kemudian Senin (22/10) secara resmi kepengurusan OSIS SMPN 1 Blora periode 2012-2013 dikukuhkan secara resmi oleh kepala sekolah melalui Upacara Bendera Rutin hari Senin.
Maka Kepengurusan OSIS yang baru dipimpin ketuanya M Rizky Alkhazani, resmi menjabat sampai akhir tahun pelajaran 2013.
Kepala sekolah Winarno saat memberi sambutan, berharap agar kepengurusan OSIS yng baru dapat memberi perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. (Agung)
lebih lengkap baca model TABLOID
klik GAMBAR