Rabu, 12 Januari 2011

INFOKU edisi 4 - G A G A S A N


De­sem­ber, Ja­ngan Ha­nya Pe­ra­ya­an
De­sem­ber, se­buah akhir me­nu­ju awal. Ba­nyak mo­men­tum pen­ting ter­ja­di pa­da De­sem­ber, na­mun se­mua se­o­lah ha­nya di­pe­ri­ngati se­ba­gai se­buah se­re­mo­ni­al be­la­ka tan­pa meng­in­dah­kan mak­na dan tu­ju­an­nya.
Itu pun ha­nya di­pe­ri­ngati oleh be­be­ra­pa ka­lang­an sa­ja. Ada be­be­ra­pa mo­men­tum yang pa­tut men­da­pat­kan per­ha­ti­an le­bih da­ri ber­ba­gai pi­hak pa­da bu­lan De­sem­ber.
Per­ta­ma, pa­da pe­kan per­ta­ma bu­lan ini ter­da­pat per­ingat­an Ha­ri AIDS Se­du­nia, se­buah mo­men­tum yang di­ra­ya­kan oleh se­mua war­ga di se­lu­ruh ja­gat de­mi meng­ingat­kan ke­pa­da se­mua pi­hak ten­tang pe­nya­kit yang be­lum ada obat­nya sam­pai sa­at ini. Pa­da 2 De­sem­ber ber­ba­gai ke­gi­at­an yang bia­sa di­la­ku­kan ha­nya so­sia­li­sa­si ten­tang ba­haya AIDS, ca­ra pen­ce­gah­an, sam­pai per­la­ku­an ter­ha­dap pen­de­ri­ta.
Ke­gi­at­an-ke­gi­at­an ter­se­but bia­sa di­la­ku­kan oleh pa­ra ak­ti­vis ke­ma­nu­sia­an. Me­re­ka me­nge­na­kan pi­ta me­rah dan me­nyo­sia­li­sa­si­kan ber­ba­gai pe­san me­la­lui ba­nyak me­dia, tu­run ke ja­lan, tem­pat-tem­pat umum mau­pun me­la­lui me­dia mas­sa.
Na­mun, se­te­lah ha­ri ter­se­but ber­ak­hir se­o­lah ti­dak ada la­gi yang mem­be­ri­kan per­ha­ti­an, ti­dak ada yang ta­hu pu­la sam­pai se­ka­rang apa­kah ri­set ten­tang obat HIV/AIDS ma­sih te­rus di­la­ku­kan. Se­ba­gi­an be­sar ma­sya­ra­kat ha­nya ta­hu per­ingat­an Ha­ri AIDS Se­du­nia pa­da tang­gal ter­se­but.
Ke­dua, 9 De­sem­ber di­pe­ri­ngati se­ba­gai Ha­ri An­ti­ko­rup­si In­ter­na­sio­nal. Ini per­ingat­an yang re­le­van de­ngan kon­di­si bang­sa dan ne­ga­ra ki­ta sa­at ini. Ko­rup­si yang ting­gi di In­do­ne­sia me­nun­tut ber­ba­gai pi­hak mem­be­ri­kan per­ha­ti­an le­bih ter­ha­dap usa­ha pem­be­ran­tas­an ko­rup­si.
Esen­si
Mo­men­tum ini bah­kan di­ja­di­kan ajang ke­ku­at­an opo­si­si un­tuk meng­hu­jat kon­di­si pe­me­rin­tah yang ka­rut ma­rut aki­bat ko­rup­si. Ten­tu sa­ja ini di­la­ku­kan un­tuk men­da­pat­kan sim­pa­ti ma­sya­ra­kat yang te­lah ber­ku­rang ke­per­ca­ya­an ter­ha­dap pe­me­rin­tah se­ka­rang.
Ke­ti­ga, se­ha­ri se­te­lah Ha­ri An­ti­ko­rup­si Se­du­nia me­ru­pa­kan Ha­ri Hak Asa­si Ma­nu­sia (HAM) In­ter­na­sio­nal. Pa­da 10 De­sem­ber 1949 umat ma­nu­sia se­ca­ra uni­ver­sal men­de­kla­ra­si­kan HAM. Dek­la­ra­si ter­se­but me­ru­pa­kan pro­duk ter­ba­ik ma­sya­ra­kat du­nia un­tuk me­lin­dungi har­kat ke­ma­nu­sia­an.
Se­men­jak itu ke­be­bas­an HAM su­dah di­sua­ra­kan di se­lu­ruk pe­lo­sok ne­ga­ra di du­nia, na­mun ha­nya da­lam se­lang sa­tu ha­ri se­te­lah per­ingat­an, ma­sih ba­nyak pen­du­duk di du­nia yang be­lum me­ra­sakan ke­be­bas­an seu­tuh­nya. Ba­nyak di an­ta­ra pen­du­duk di be­be­ra­pa ne­ga­ra me­ra­sa be­lum men­da­pat­kan hak asa­si yang se­la­yak­nya. Me­re­ka me­ra­sa se­o­lah se­ba­gai bang­sa yang ter­ja­jah.
Keempat, Bagi masyarakat Blora khususnya puncak kegiatan hari Jadi kabupaten Blora yang ke 261.
Disini berbagai kegiatan baik olah raga, kirab, lomba anak sekolah diselenggarakan demi memperingatinya hari lahirnya kabupaten yang berada diperbatasan Jateng dan Jatim ini.
Ke­lima, mo­men­tum lain­nya yang ju­ga di­pe­ri­ngati di bu­lan ini ya­i­tu Ha­ri Ibu. Ma­sya­ra­kat In­do­ne­sia se­tiap tang­gal 22 De­sem­ber mem­per­inga­ti­nya. Ber­ba­gai ke­gi­at­an di­buat se­me­riah mung­kin, ba­ik di se­ko­lah, kan­tor, mau­pun ma­sya­ra­kat umum. Se­akan pa­da ha­ri itu ma­sya­ra­kat mem­be­ri­kan peng­har­ga­an ke­pa­da so­sok ibu yang te­lah me­la­hir­kan, me­ra­wat dan men­di­dik put­ra-put­ri bang­sa.
Ber­ba­gai mo­men­tum ter­se­but te­ra­sa me­riah dan men­da­pat­kan per­ha­ti­an le­bih ha­nya pa­da ha­ri ter­se­but. Se­te­lah ber­gan­ti ha­ri se­o­lah ma­sya­ra­kat su­dah ti­dak meng­hi­rau­kan­nya. Per­ingat­an de­mi per­ingat­an pa­da bu­lan De­sem­ber la­yak­nya se­buah aca­ra se­re­mo­ni­al yang wa­jib di­ra­ya­kan ti­ap ta­hun.
Se­buah ca­tat­an pen­ting yang pa­tut men­ja­di per­ha­ti­an pe­me­rin­tah, ak­ti­vis dan ma­sya­ra­kat pa­da umum­nya, agar ti­dak ha­nya me­mak­nai se­buah mo­men­tum de­ngan pe­ra­ya­an se­ma­ta, ta­pi le­bih ke­pa­da esen­si dan tu­ju­an yang hen­dak di­ca­pai de­mi per­ba­ik­an ma­sa de­pan.
Se­la­mat mem­bu­ka lem­bar­an ba­ru pa­da ta­hun 2011. Seperti yang diinginkan Bupati Blora “Ojo Wedi Rekoso, Ayo Podo Mbangun Blora”. (Penulis Drs Ec. Agung Budi Rustanto- Pimpred tabloid Infoku)



Ber­ta­ni Me­nu­ju Swa­sem­ba­da Pa­ngan
Be­be­ra­pa ha­ri ter­akhir ini ma­sya­ra­kat ter­be­ba­ni oleh har­ga-har­ga ke­bu­tuh­an po­kok yang na­ik se­ca­ra dras­tis.
Har­ga ke­bu­tuh­an po­kok yang meng­alami ke­na­ik­an ter­se­but di an­ta­ra­nya ada­lah be­ras yang men­ca­pai har­ga Rp 7000/kg, ca­bai yang men­ca­pai Rp 60.000 / Kg. Se­dang­kan gu­la me­mang ti­dak meng­alami ke­na­ik­an ka­re­na har­ga­nya me­mang su­dah cu­kup ting­gi ya­i­tu Rp 10.000/kg.
Ke­na­ik­an ber­ba­gai har­ga ke­bu­tuh­an po­kok ter­se­but se­ma­kin me­nam­bah be­ban hi­dup ma­sya­ra­kat ki­ta da­lam upa­ya me­me­nuhi ke­bu­tuh­an hi­dup yang me­mang te­ra­sa su­lit akhir-akhir ini. Dan yang cu­kup me­ra­sakan dam­pak ke­na­ik­an har­ga-har­ga ter­se­but pas­ti ma­sya­ra­kat me­ne­ngah ke ba­wah. Hal ini da­pat ber­aki­bat ter­ja­di­nya frus­ta­si so­si­al da­lam ma­sya­ra­kat ki­ta.
Pe­me­rin­tah se­ba­gai pi­hak yang tu­rut ber­tang­gug­ja­wab da­lam me­ngon­trol har­ga ke­bu­tuh­an po­kok se­la­lu ber­alas­an ke­na­ik­an har­ga ter­se­but di­se­bab­kan oleh ga­gal pa­nen aki­bat cua­ca eks­trem. Khu­sus ko­mo­di­tas ca­bai, pe­me­rin­tah me­nga­ta­kan ke­na­ik­an har­ga aki­bat ber­ku­rang­nya pa­so­kan ca­bai da­ri Dae­rah.
Hal ini mem­buk­ti­kan bah­wa sen­tra pro­duk­si ca­bai ki­ta ma­sih sa­ngat ter­ba­tas. Ke­ti­ka sua­tu dae­rah sen­tra ter­ke­na ben­ca­na atau ga­gal pa­nen ma­ka oto­ma­tis ke­bu­tuh­an pa­ngan ki­ta ter­gang­gu yang ber­aki­bat har­ga me­lon­jak.
Gu­na meng­atasi ke­na­ik­an har­ga pe­me­rin­tah me­nam­bah stok be­ras na­sio­nal de­ngan ca­ra yang nor­ma­tif dan ter­ke­san ber­jang­ka pen­dek ya­i­tu de­ngan meng­im­por 250.000 ton be­ras da­ri Viet­nam. Iro­nis me­mang, In­do­ne­sia yang di­ke­nal se­ba­gai ne­ga­ra ag­ra­ris ki­ni tak mam­pu men­cu­kupi ke­bu­tuh­an pa­ngan­nya sen­di­ri. Be­ras dan ca­bai se­ha­rus­nya me­ru­pa­kan ko­mo­di­tas yang me­lim­pah ru­ah di ne­ge­ri ini.
Ma­hal­nya har­ga tak le­pas da­ri ke­ter­ba­tas­an stok dan per­ma­in­an har­ga oleh pa­ra pe­da­gang be­sar. Pe­ta­ni ki­ta be­lum men­ja­di tu­an di ne­ge­ri­nya sen­di­ri. Pe­ta­ni ki­ta sam­pai sa­aat ini ha­nya meng­ha­sil­kan pro­duk tan­pa mam­pu me­ma­in­kan har­ga. Apa­la­gi de­ngan pro­duk­ti­vi­tas yang se­ma­kin me­nu­run je­las me­nye­bab­kan per­ta­ni­an ki­ta se­ma­kin ter­pu­ruk.
Ke­na­pa pro­duk­ti­vi­tas be­ras dan pro­duk per­ta­ni­an ki­ta sa­at ini ti­dak mam­pu men­cu­kupi ke­bu­tuh­an pa­ngan na­sio­nal? Apa­kah fak­tor cua­ca yang akan se­la­lu men­ja­di kam­bing hi­tam? Tam­pak­nya pe­me­rin­tah ha­rus men­ca­ri kon­sep lain da­lam mem­ba­ngun per­ta­ni­an ki­ta.
Me­nu­rut sa­ya ti­dak se­la­ma­nya cua­ca yang mes­ti di­kam­bin­ghi­tam­kan. Ke­mam­pu­an ki­ta mem­pro­duk­si­lah yang me­nu­run. Hal ini di­se­bab­kan—di an­ta­ra­nya—alih fung­si la­han per­ta­ni­an dan me­nu­run­nya mi­nat ma­sya­ra­kat ki­ta ter­jun di du­nia per­ta­ni­an.
Pe­ta­ni ki­ni di­ang­gap pro­fe­si ku­rang mem­be­ri ja­min­an ma­sa de­pan. Ki­ta li­hat ba­nyak anak–anak mu­da de­sa (ter­ma­suk sa­ya) yang eng­gan ter­jun ke bi­dang per­ta­ni­an.
Pro­pet­ani
Pro­fe­si pe­ta­ni ti­dak eli­tis dan ku­rang mem­be­ri ja­min­an ke­lang­sung­an hi­dup. Me­re­ka le­bih ter­ta­rik men­ja­di bu­ruh pab­rik atau ber­ur­ba­ni­sa­si ke ko­ta. Se­dang­kan go­lo­gan anak mu­da yang me­nge­yam pen­di­dik­an per­gu­ru­an ting­gi ti­dak ber­mi­nat me­li­rik per­ta­ni­an. Pa­ra sar­ja­na itu—ter­uta­ma sar­ja­na per­ta­ni­an—le­bih ba­nyak be­ker­ja di sek­tor per­bank­an, ja­sa dan bi­dang lain­nya.
Aki­bat­nya, yang ter­si­sa ada­lah pa­ra pe­ta­ni ki­ta yang ber­pen­di­dik­an ren­dah, ku­rang ino­va­tif dan ga­gap tek­no­lo­gi. Me­re­ka pa­da umum­nya ti­dak me­mi­liki ke­mam­pu­an ma­na­je­men pas­cap­anen. Aki­bat­nya, ke­ti­ka me­re­ka pa­nen, pe­da­gang atau teng­ku­lak yang me­nen­tu­kan har­ga. Me­re­ka ter­pak­sa me­nye­tu­jui har­ga yang mung­kin di ba­wah bia­ya pro­duk­si ka­re­na tak mam­pu me­nyim­pan ha­sil pa­nen le­bih la­ma. Sing­kat­nya pe­ta­ni ki­ta be­lum mam­pu men­ja­di pe­ma­in, jus­tru me­re­ka ada­lah pi­hak yang se­ring di­per­ma­in­kan.
Alih fung­si la­han per­ta­ni­an pro­duk­tif men­ja­di ka­was­an pe­ru­mah­an, per­kan­tor­an dan pu­sat per­be­lan­ja­an ju­ga me­ru­pakn fak­tor yang ki­an me­nu­ruk­an pro­duk­ti­vi­tas per­ta­ni­an ki­ta. Ik­lim usa­ha ta­ni yang ku­rang men­du­kung meng­aki­bat­kan ke­ti­ka pa­ra kon­trak­tor dan peng­usa­ha mem­be­li ta­nah me­re­ka de­ngan har­ga ting­gi me­re­ka pun men­ju­al­nya.
Ka­lau su­dah se­de­mi­ki­an, apa yang mes­ti di­la­ku­kan pe­me­rin­tah? Bu­kan­kah pi­lih­an pro­fe­si ada­lah hak se­tiap war­ga ne­ga­ra dan men­ju­al ta­nah ada­lah ju­ga hak se­tiap pe­mi­lik ta­nah?
Pe­me­rin­tah pu­sat dan dae­rah per­lu meng­ka­ji la­gi dan mem­bu­at kon­sep per­ta­ni­an ber­jang­ka pan­jang me­nu­ju swa­sem­ba­da pa­ngan. Pe­me­rin­tah per­lu mem­be­ri­kan ik­lim usa­ha yang nya­man di bi­dang per­ta­ni­an me­la­lui ke­bi­jak­an yang pro­pet­ani.
De­ngan ik­lim usa­ha yang nya­man me­la­lui ke­bi­jak­an pro­pet­ani di­ha­rap­kan ge­ne­ra­si mu­da ber­mi­nat ter­jun ke sek­tor per­ta­ni­an, se­hing­ga sen­tra per­ta­ni­an ti­dak ha­nya di ti­tik-ti­tik ter­ten­tu, akan te­ta­pi me­nye­bar se­hing­ga pro­duk­ti­vi­tas ki­ta pun me­ning­kat.
Da­lam hal ini pe­me­rin­tah da­pat meng­gan­deng aka­de­mi­si yang ber­kom­pe­ten. De­sa se­ba­gai ujung tom­bak per­ta­ni­an mes­ti di­kem­bang­kan, in­fra­struk­tur mes­ti di­ba­ngun, dan sum­ber da­ya pe­ta­ni ki­ta ha­rus di­ting­kat­kan me­la­lu pe­la­tih­an dan kur­sus-kur­sus.
Ten­tu­nya hal ini bu­kan­lah sua­tu hal yang se­mu­dah meng­ucap­kan­nya dan mem­bu­tuh­kan ang­gar­an yang ti­dak se­di­kit. Na­mun, ti­dak ada sa­lah­nya pe­me­rin­tah meng­alo­ka­si­kan ang­gar­an yang cu­kup un­tuk per­ta­ni­an ki­ta ji­ka je­las kon­sep dan peng­awas­an­nya.
Ke­mau­an po­li­tik pe­me­rin­tah sa­ngat di­per­lu­kan da­lam hal ini. De­ngan ko­mit­men sung­guh-sung­guh bu­kan sua­tu hal yang mus­ta­hil men­ja­di­kan ki­ta kem­ba­li ber­swa­sem­ba­da pa­ngan. - Oleh : Drs Herdiyanto (alumni Untag 1945 Surabaya) kelahiran Kedungtuban  menetap di Tulung Agung Jawa Timur.
 Klik gambar ===> baca model TABLOID