Rabu, 30 November 2011

INFOKU PENDIDIKAN - edisi 18

Kepala Sekolah Dipilih langsung Bupati Bukan LPMP
INFOKU, BLORA- Wacana yang beredar dikalangan masyarakat,  seolah Penetapan Kapala Sekolah (Kasek) yang baru dilantik akhir Bulan yang lalu adalah LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) Jawa tengah adalah tidak benar.
Hal itu diungkapkan Kadisdikpora Slamet Pamudji diruang kerjanya Jumat (4/11) saat ditemui Infoku.
“Mereka yang ditetapkan sebagai kepala sekolah adalah mutlak pilihan Bupati bukan LPMP Jawa Tengah,” kata Mumuk panggilan akrab kadinas ini.
Menurutnya sesuai SK Bupati dalam penyelenggaraan Tes Kepala sekolah, Pemkab dapat bekerja sama dengan pihak ketiga yang berkompen di bidangnya.
Artinya pihak yang berkompen tersebut yang dapat menjamin mutu dari pendidikan. Karena di Jawa Tengah lembaga Penjamin Mutu pendidikan yang sudah diakui secara nasional adalah LPMP, maka bupati memilih lembaga tersebut.
“Intinya Bupati ingin meningkatkan kwalitas pendidikan di Blora, dan LPMP lah yang dipilih karena memenuhi kriterianya yang dapat menaikan mutu pendidikan di Blora, dengan harapan melalui terobosan kebijaksanaan kepala sekolah tersebut,” jelas Mumuk.
Terkait adanya beberapa sekolah yang masih dikosongkan kaseknya, dia menegaskan belum ada yang calon Kasek yang dinyatakan lulus sesuai standart minimal yang telah ditentukan LPMP.
Kadisdipora Blora ini juga menambahkan bahwa hasil tes dari LPMP bukan mutlak mereka yang lulus mesti dilantik menjadi Kasek, namun hanya rekomendesi pada Bupati siapa saja yang layak menjabat Kasek.
“Jadi mungkin saja dia (calon kasek-red) dinyatakan lulus dari LPMP namun tidak ditetapkan sebagai Kasek oleh Bupati. Karena kewenangan ada pada Bupati bukan LPMP,” tandas Mumuk. (Agung)
 klik gambar===>baca model TABLOID